Jakarta (ANTARA) - Pelaksana tugas (Plt.) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Muhadjir Effendy menegaskan bahwa sikap Indonesia terkait Piala Dunia U-20 2023 yang melibatkan Israel masih sama, yakni berpegang teguh pada konstitusi Indonesia yang menolak penjajahan dalam bentuk apa pun.

"Kita tetap konsisten, landasan konstitusi kita tidak goyah karena ini amanat UUD, terikat erat dengan semangat Indonesia. Kita tidak akan beri ruangan kepada mereka yang masih dalam posisi menjajah," kata Plt. Menpora dalam Rapat Kerja dengan Komisi X DPR RI, Selasa.

"Ini soal konstitusi. siapa pun yang masuk di kategori UUD itu, kita bersikap sama dan menjadi pegangan," tegas dia.

Baca juga: Jokowi jamin Israel di PD U-20 tak terkait konsistensi RI-Palestina

Lebih lanjut, Muhadjir mengatakan pihaknya juga memberikan masukan kepada PSSI yang berbicara dengan penyelenggara Piala Dunia U-20 FIFA terkait kondisi dan posisi Indonesia terhadap Israel di ajang sepak bola tersebut.

Ia menyebutkan Ketua Umum PSSI Erick Thohir tengah mengupayakan untuk membicarakan hal itu bersama FIFA. Pada pembicaraan awal, Muhadjir mengungkapkan FIFA menghargai dan memahami posisi Indonesia.

"Kesimpulan pembicaraan awal, FIFA cukup menghargai dan memahami posisi Indonesia yang tidak bisa diusik dan ditawar di konstitusi. Ada opsi-opsi yang ditawarkan, yang kita harapkan terus dijalankan. Ada kondisi-kondisi yang bisa dipertimbangkan, namun, sebagian besar masih usulan mentah," ujar dia,

Muhadjir memastikan FIFA tidak memberikan penalti kepada Indonesia seperti yang beredar di ruang maya belakangan ini.

"Insyaallah FIFA tidak akan memberikan penalti seperti yang diisukan. Untuk pembicaraan awal, FIFA sangat memahami dan positif untuk mencari jalan keluar dan alternatif untuk dipertimbangkan bersama," kata pria yang juga Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu.

Adapun pernyataan Muhadjir senada dengan Presiden RI Joko Widodo yang menjamin keikutsertaan tim nasional Israel dalam Piala Dunia U-20 tidak berkaitan dengan konsistensi politik luar negeri Indonesia terhadap Palestina.

Presiden mengawali pernyataan resminya dengan menegaskan bahwa Indonesia memiliki prinsip yang secara konsisten dan teguh memperjuangkan serta mendukung kemerdekaan bangsa Palestina.

Selain itu, Indonesia juga mendukung penyelesaian two-states solution negara Israel dan negara Palestina merdeka.

Baca juga: Menko PMK yakin FIFA paham sikap Indonesia soal Piala Dunia U-20
Baca juga: Menparekraf berharap Indonesia tetap jadi tuan rumah Piala Dunia U-20

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023