pelaku UMKM akan diarahkan  pihak Sudin PPAPP kepada beberapa bank agar bisa mendapatkan modal usaha
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Jakarta Barat melakukan pembinaan terhadap 2.000 anggota JakPreneur sampai akhirnya bisa mendapatkan modal usaha.

"Tahun ini kita melanjutkan pembinaan anggota JakPreneur angkatan 2021 dan 2022 sampai tahap ke tujuh yakni mendapatkan akses permodalan," kata Kepala Sudin PPAPP Jakarta Barat  Aswarni  di Jakarta, Rabu.

Aswarni mengatakan 2.000 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Jakpreneur itu menekuni beragam usaha di bidang kuliner dan kerajinan tangan.

Mereka mengikuti rangkaian proses pelatihan dari mulai dari pemberian materi, praktik, mengikuti bazar, mendapatkan sertifikasi halal, pelatihan pengemasan, bantuan promosi, hingga mendapat bantuan modal dari bank.

Nantinya, pada pelaku UMKM akan diarahkan  pihak Sudin PPAPP kepada beberapa bank agar bisa mendapatkan modal usaha.

Dengan demikian, para pelaku UMKM binaan Sudin PPAPP bisa mengembangkan usahanya bahkan tidak menutup kemungkinan dapat membuka lapangan pekerjaan baru.

Sejauh ini, lanjut Aswarni, pihaknya baru sampai kepada tahap bantuan mempromosikan produk UMKM. Hal itu terlihat dari kegiatan bazar UMKM yang dia gelar selama dua hari yakni Senin (27/3) dan Selasa (28/3) lalu.

"Kita gelar di lobi kantor Wali Kota Jakarta Barat. Ada 30 pelaku UMKM yang ikut," kata dia.

Dengan ragam upaya tersebut, dia berharap para pelaku UMKM binaan Sudin PPAPP bisa menjadi pengusaha yang andal dan memiliki kemampuan bersaing.

Sebelumnya, Suku Dinas Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PPKUMKM) Jakarta Barat telah bekerjasama dengan Bank BJB, Bank Mandiri, dan Bank BRI untuk membantu para pelaku UMKM dalam permodalan usaha.

Kerja sama antara bank milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu dilakukan demi membantu pelaku UMKM mendapatkan modal usaha.
Baca juga: Pemkot Jakbar gandeng BUMD dan universitas untuk bina UMKM
Baca juga: Pemkot Jakbar bantu 600 UMKM dapat sertifikasi halal tahun 2023
Baca juga: Pemkot Jakbar tetapkan tujuh tahap pembinaan UMKM

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023