Jakarta (ANTARA/JACX) – Unggahan video berdurasi satu menit muncul di Facebook yang menunjukan sejumlah uang disebar.

Narasi yang disematkan dalam video itu seakan-akan uang yang tampak merupakan testimoni dari praktik atau ritual tertentu.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:
“…Apakah anda termasuk dalam kategori yang kami cantumkan di bawah ini ? 

1.terlilit hutang 

2.kekurangan modal usaha

3.ingin membangun usaha kecil kecilan atau namun besar 

4.dan masalah keuangan lainnya



Saya sendiri sudah membuktikan dengan teman dan keluarga saya sendiri niat hanya ingin siapa tahu kalian juga bisa seberuntung saya dan alhamdulillah benar adanya dan bisa membuat saya berhasil seperti sekarang ini 

Bagi saudaraku atau pun teman2 yang ingin berkonsultasi dengan

Ini no.wa 082324377697”


Sementara, terdapat pula narasi yang disampaikan dalam video itu sebagai berikut:
Bukti nyata ritual penarikan uang gaib Syeh Abdul Segaf tanpa tumbal, tanpa resiko, tidak melanggar agama. Kami dari tim media berita Tribunnews sengaja menerbitkan dan memviralkan video ini sebagai bukti penarikan uang gaib yang sah dilakukan oleh Syeh Abdul Segaf

Namun, benarkah uang dalam video tersebut merupakan hasil ritual?

Unggahan video hoaks yang digunakan sebagai media promosi penarikan uang gaib. Faktanya, video tersebut telah beredar di YouTube kemudian dipotong dan dijadikan video promosi. (Facebook)
Penjelasan:
Berdasarkan penelusuran ANTARA, video tersebut merupakan gabungan dari beberapa video yang sebelumnya pernah diunggah di YouTube, seperti unggahan akun Neo Smith dengan judul “ki kanjeng menggandakan uang”, dan konten milik akun Stara Football berjjudul “baru kali ini liat uang cash 4 miliar”.

Kemudian, terdapat pula unggahan akun Sumarsono Padirman yang berjudul “Penampakan uang 1 milyar rupiah! yang belum tau seberapa banyak uang 1 milyar, ini lah duit 1 M”, serta cuplikan laporan Tribunnews berjudul, “LIVE UPDATE TOP 10: Ameer Azzikra Meninggal Dunia, Penembakan Misterius di Tol, hingga Mutilasi Ojol”.

Dengan demikian tampilan uang video yang digunakan sebagai media promosi penarikan uang gaib merupakan hoaks. Faktanya, video tersebut telah beredar di YouTube kemudian dipotong dan dirangkai ulang dengan potongan video lain.

Klaim: Video penarikan uang gaib
Rating: Hoaks

Cek fakta: Disinformasi! Video hujan cacing di China

Cek fakta: Misinformasi! Video banjir Pasar Ciracas Jakarta, pertengahan Maret

Baca juga: Polisi tangkap pelaku pengganda uang di Babelan Bekasi

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023