Membangun semangat nasional itu juga bisa melalui olahraga, sehingga pelaksanaan Piala Dunia U-20 juga bagian dari membangun bangsa
Jakarta (ANTARA) - Ketua harian nasional Partai Perindo TGB Muhammad Zainul Majdi mengatakan Piala Dunia U-20 di Indonesia bagian dari upaya membangun bangsa.

"Membangun semangat nasional itu juga bisa melalui olahraga, sehingga pelaksanaan Piala Dunia U-20 juga bagian dari membangun bangsa," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, menjadi tuan rumah kejuaraan sepak bola merupakan suatu suatu perjuangan, karena menyangkut marwah bangsa Indonesia. Kata dia, beragam jalan dilakukan membangun marwah bangsa bisa melalui ilmu teknologi, ekonomi, dan salah satu adalah melalui olahraga.

"Jangan sampai karena kita tidak bisa sampai pada kata sepakat, lalu kemudian kesempatan ini hilang, sayang sekali untuk itu," harapnya.

Baca juga: Kemarin, Israel di Piala Dunia U-20 hingga RUU RPJPN 2025-2045

Baca juga: Anggota DPR dukung Erick lakukan diplomasi Piala Dunia U-20

Terhadap pihak yang menolak kehadiran Timnas Israel, TGB menilai tentu semua punya alasannya, punya pemikiran sendiri. Meski begitu, dia mengajak untuk melihat kepentingan bangsa secara keseluruhan. Jangan sampai misalnya, penolakan berdampak panjang pada ikhtiar-ikhtiar Indonesia untuk menjadi tuan rumah bagi banyak sekali event olahraga.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan dirinya sudah mendapat perintah dari Presiden untuk bertemu FIFA agar mencari jalan terbaik demi menyelamatkan sepan bola Indonesia ke depan.

“Saya sudah mendapat instruksi perintah dari bapak presiden untuk segera bertolak dan berdiplomasi untuk mencari solusi untuk sepak bola Indonesia,” kata Erick Thohir seperti dikutip dari media sosial Instagram pribadinya @erickthohir.

Mantan Presiden Inter Milan itu mengakui permasalahan yang dihadapi Indonesia saat ini bukanlah masalah kecil, namun dirinya memastikan akan berusaha semaksimal mungkin demi menyelamatkan sepak bola Indonesia ke depan.

“Tentu seperti yang saya sudah sampaikan ini hal yang tidak mudah, saya akan berusaha semaksimal mungkin. Untuk itu mohon doa kepada kami semua yang memang ditugaskan untuk bisa mendapatkan hasil yang terbaik,” harapnya.

Baca juga: PDIP dukung PSSI lobi FIFA terkait Israel di Piala Dunia U-20
Baca juga: Menko PMK yakin FIFA paham sikap Indonesia soal Piala Dunia U-20

 

Pewarta: Fauzi
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023