"Seperti yang lain, ia bisa masuk dalam tim untuk pertandingan besok."
Milan (ANTARA News/AFP) - Gelandang tim nasional sepakbola Belanda, Wesley Sneijder, bisa dimainkan kembali oleh Inter Milan, demikian disampaikan oleh pelatih klub Italia itu, Andrea Stramaccioni.

Tiga hari yang lalu, Inter Milan dituding mengirimkan surat pemerasan kepada sang pemain.

"Wes berlatih dengan semua yang lain. Seperti yang lain, ia bisa masuk dalam tim untuk pertandingan besok," kata Stramaccioni kepada wartawan, Sabtu.

Bahkan, ia mengemukakan, jika Sneijer dimainkan sebagai pemain cadangan saat Inter menjamu Palermo pada Minggu (2/11), dan hal itu akan menjadi sinyal perubahan dramatis bagi dirinya.

Sneijder tidak bermain untuk Inter selama dua bulan karena cedera, dan mengalami masalah kebugaran fisik, yang bertepatan dengan negosiasi ulang terhadap kontraknya saat ini, yang akan habis pada Juni 2015.

Inter pada pekan lalu mengumumkan bahwa Sneijder (28), pemain yang membawa Belanda menjadi finalis Piala Dunia 2010, tidak akan bermain untuk klub sampai menyetujui beberapa hal di kontrak barunya.

Berbagai berita itu memicu kemarahan organisasi pesepak bola profesional (FIFPro), yang mengatakan, mereka akan meminta asosiasi sepakbola Eropa (UEFA) dan dunia (FIFA) mempertimbangkan hal tersebut sebagai upaya "pemerasan" kepada pemain.

Pada artikel yang berjudul "FIFPro ingin mengakhiri tindak pemerasan yang dilakukan klub",  FIFPro mengklaim, "Inter meminta pemain internasional Belanda itu memperpanjang kontraknya sampai 2016, namun kemudian meminta agar ia tetap mendapat gaji dalam jumlah yang sama."

FIFPro menilai, "Dengan kata lain, bekerja setahun lebih lama tanpa menerima gaji apapun untuk itu."

Inter duduk di peringkat ketiga Liga Italia, tertinggal empat angka dari pemuncak klasemen sekaligus juara bertahan Juventus, yang akan menjamu Torino pada Derby Turin pertama dalam tiga tahun terakhir pada Sabtu.

Kehilangan beberapa poin pada pertandingan-pertandingan terakhir, Stramaccioni mengatakan dirinya hanya mengharapkan tiga poin di San Siro pada Minggu.

"Saya berharap kami dapat merespon. Kami harus melakukannya, dan kami ingin mulai kembali berlari. Kembali mendapatkan poin-poin," ucapnya.

Selain itu, ia mengemukakan, penyerang dari Argentina, Diego Millito, dapat tampil sebagai pemain pengganti, atau malah absen penuh dari pertandingan nanti karena mengalami cedera otot saat berlatih.

Stramaccioni menambahkan, "Kami memiliki beberapa keraguan, sejumlah pemain berada dalam kondisi naik-turun, dan pendekatan kami untuk pertandingan besok akan krusial."
(Uu.H-RF/D011)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2012