Jakarta (ANTARA News) - Sebuah terowongan panjang di pusat Jepang runtuh Minggu pagi dan memicu kebakaran, menewaskan beberapa orang serta tujuh orang dilaporkan masih terjebak.

Media Jepang, NHK, melaporkan, Terowongan Sasago yang panjangnya 4,7km di Perfektur Yamanashi, barat Tokyo, runtuh di titik 2 km dari pintu keluar sekitar pukul 8.00 pagi waktu setempat.

Polisi mengkonfirmasi, melalui kamera tampak beberapa mobil terjebak di dalamnya dan asap hitam mengepul tebal dari dalam terowongan.

Para saksi mata mengatakan sedikitnya tiga kendaraan tertimbun di bawah reruntuhan. Petugas pemadam kebakaran mengatakan tiga wanita dengan luka bakar dilarikan ke rumah sakit.

Menurut petugas pemadam kebakaran itu, seorang wanita mengatakan tidak tahu di mana lima orang yang telah bersamanya dalam satu mobil. Laporan lain menyebut dua orang lagi belum diketahui keberadaannya.

Kantor pusat pemadam kebakaran menyatakan telah menerima permintaan dari sebuah perusahaan transportasi untuk menyelamatkan seorang supir yang terjebak di dalam sebuah truk di dalam terowongan.

Beberapa orang yang selamat dilaporkan berjalan keluar dari terowongan.

Polisi mencoba mengkonfirmasi laporan mengenai 20 kendaraan yang masih terjebak dalam terowongan, termasuk 3 mobil yang tertimbun reruntuhan.

Petugas penyelamat sementara menghentikan upaya evakuasi karena khawatir terjadi runtuh susulan.

Operator jalan tol, Central Nippon Expressway, mengatakan 50-60 meter (165 kaki) panjang bagian dari panel langit-langit jatuh ke jalan, dan mereka sedang mencari penyebab kecelakaan.

(*)

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012