Jadi kita melihat bahwa musim Lebaran itu bukan hanya untuk pemudik tetapi juga untuk berlibur, oleh sebab itu kami di Garuda buat program karena libur jadi tema utama selama Lebaran
Tangerang (ANTARA) - PT Garuda Indonesia (Persero) memprediksi jumlah pergerakan penumpang yang menggunakan maskapainya itu akan naik sebesar 45 persen selama periode masa angkutan mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 Masehi.

"Naiknya 45 persen dibanding dengan tahun lalu, dan kalau dibandingkan bulan lalu itu sekitar 15 persen," ucap Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra di Tangerang, Kamis.

Menurut dia, peningkatan jumlah penumpang mudik di tahun ini bakal mendekati angka di saat masa mudik Lebaran sebelum pandemi COVID-19, karena beberapa prosedur pembatasan di terminal yang ada di Bandara Soekarno-Hatta sudah mulai diperlonggar.

"Kelihatannya (masa mudik) ini akan jadi masa Lebaran mendekati tahun 2019," katanya.

Ia menyebutkan, bahwa perkiraan kenaikan jumlah penumpang pada maskapai Garuda Indonesia tersebut di proyeksi terjadi sebelum masa cuti bersama pada 19 April 2023.

Selain itu, kata dia, untuk indeks rute tujuan daerah para penumpang penerbangan di Bandara Soetta selama masa mudik Lebaran itu adalah Denpasar, Bali jadi terfavorit.

"Dan yang ramai itu adalah Denpasar, dan kayanya tidak ada mudik ke Denpasar. Berarti hanya liburan," ujarnya.

Kemudian, selain Denpasar, Bali menjadi rute favorit pergerakan penumpang penerbangan juga terdapat satu daerah yang diperkirakan bakal ramai sebagai tujuan mudik yaitu seperti negara Singapura.

"Jadi kita melihat bahwa musim Lebaran itu bukan hanya untuk pemudik tetapi juga untuk berlibur, oleh sebab itu kami di Garuda buat program karena libur jadi tema utama selama Lebaran," ungkapnya.

Kendati demikian, dengan melihat kondisi tersebut, maka pihaknya akan membuat program diskon 50 persen bagi penumpang untuk melakukan perjalanan Lebaran rute Jakarta.

"Oleh sebab itu kami di Garuda buat program, karena libur jadi tema utama selama Lebaran. Kita buat rute ke Jakarta, sebelum lebaran mulai tanggal 19 April 2023 dapat diskon 50 persen dan ini tidak semua destinasi," kata dia.

Baca juga: Garuda Indonesia-Ditjen Imigrasi hadirkan jalur khusus keimigrasian
Baca juga: Garuda Indonesia resmi buka rute Surabaya-Singapura PP
Baca juga: Tidak naikkan harga tiket, Garuda berikan penawaran Lebaran ke Jakarta


Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023