Pemerintah kabupaten akan membangun sebuah taman di lokasi Birdwatching Isyo Hill’s, kami beri nama Noken Park.
Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua segera membangun taman Noken Park di lokasi pos pemantauan burung cenderawasih atau yang dikenal dengan Birdwatching Isyo Hill’s, di Kampung Rephang Muaif, Distrik Nimbokrang.

Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, di Sentani, Jumat, mengatakan salah satu objek wisata unggulan Kabupaten Jayapura yang terkenal hingga mancanegara yakni Birdwatching Isyo Hill’s, sehingga pihaknya merasa penting untuk diberi oleh perhatian pemerintah daerah.

“Pemerintah kabupaten akan membangun sebuah taman di lokasi Birdwatching Isyo Hill’s, kami beri nama Noken Park,” katanya.

Menurut Bupati, Birdwatching Isyo Hill’s merupakan hutan adat dengan keanekaragaman hayati yang luar biasa, kawasan ini adalah habitat bagi burung cenderawasih.

“Pemerintah memberikan apresiasi kepada Bapak Alex Waisimon selaku pengelola yang merupakan masyarakat adat setempat telah memperkenalkan wisata Kabupaten Jayapura kepada dunia,” ujarnya.

Dia menjelaskan sebagai bentuk dukungan serta perhatian pemerintah maka akan segera dibangun Noken Park dan juga gorong-gorong masuk ke kawasan tersebut.

“Dengan adanya pos pantau burung cenderawasih ini memberikan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat adat, seiring dengan perbaikan lingkungan yang terjadi,” katanya lagi.

Dia menambahkan fokus pemerintah saat ini yakni peningkatan produktivitas masyarakat melalui sektor-sektor unggulan yang dimiliki Kabupaten Jayapura.

“Objek wisata Birdwatching Isyo Hill’s ini, merupakan bagian dari sektor pariwisata juga ekonomi yang perlu mendapat perhatian pemerintah agar terjadi peningkatan produktivitas oleh masyarakat kita,” ujarnya lagi.
Baca juga: Dispar Jayapura: Birdwatching jadi wisata unggulan berbasis lingkungan
Baca juga: WWF: Birdwatching Rhepang Muaif di Kabupaten Jayapura masuk ICCA


Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023