Lucknow, India (ANTARA) - Sedikitnya 35 orang tewas dan 16 lainnya terluka setelah atap undakan ke tempat penampungan air di kompleks kuil di India ambruk, menurut pejabat pemerintah setempat pada Jumat.

Peristiwa itu terjadi di Kota Indore, India tengah, setelah lempengan beton yang melapisi atap undakan di kompleks kuil ambruk sehingga menimpa puluhan orang yang sedang merayakan festival Hindu Ram Navamipada pada Kamis (30/3), katanya.

Undakan ke tempat penampungan air banyak dijumpai di seluruh India dan berusia ratusan tahun. Banyak di antaranya yang dihiasi dengan indah, serta terdapat akses ke sumbar air melalui tangga dan relung.

"Undakan itu dilapisi, tetapi lempengan yang melapisinya ambruk lantaran tidak mampu menahan beban berlebihan di atasnya," kata Kepala Menteri Madhya Pradesh, Shivraj Singh Chouhan, kepada awak media, Kamis.

Sedikitnya 75 anggota militer dan tim penyelamat berupaya mengangkat puing-puing. Mereka menggunakan tali dan tangga untuk mengevakuasi korban yang jatuh ke dalam penampungan air, lapor media setempat.

"Kami berhasil menyelamatkan 18 orang, 35 orang ditemukan tewas dan 16 lainnya terluka," kata pejabat pemerintah setempat Ilayaraja T kepada Reuters.

Perdana Menteri Narendra Modi menyampaikan bela sungkawa dan mengumumkan kompensasi bagi para korban dalam insiden tersebut.


Sumber: Reuters

Baca juga: Tembakan perayaan tewaskan mempelai pria di India
Baca juga: Melihat kemeriahan perayaan Festival Navratri di India
Baca juga: India perketat keamanan jelang perayaan Hari Kemerdekaan ke-76

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023