Menurut dia, penghargaan tersebut juga bertujuan membangun rasa percaya diri satwil dan satker, serta sebagai penyemangat untuk saling berkompetisi menunjukkan prestasi berupa kinerja yang profesional dan mandiri.
Jakarta (ANTARA) - Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Benny Mamoto mengatakan institusinya menyelenggarakan "Kompolnas Awards 2023" untuk memberikan apresiasi atas kinerja satuan wilayah (satwil) dan satuan kerja (satker) di lingkungan Polri.

Menurut dia, penghargaan tersebut juga bertujuan membangun rasa percaya diri satwil dan satker, serta sebagai penyemangat untuk saling berkompetisi menunjukkan prestasi berupa kinerja yang profesional dan mandiri.

"Pengalaman tahun lalu, penyelenggaraan 'Kompolnas Awards' mampu memberikan motivasi kepada para personel sehingga satuan wilayah bersemangat untuk terus melakukan kinerja terbaik di tengah kepercayaan Polri yang sempat merosot karena berbagai permasalahan yang muncul di tubuh Polri," kata Benny dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan penyelenggaraan "Kompolnas Awards 2023" menindaklanjuti penyelenggaraan "Kompolnas Awards 2022" yang telah dilaksanakan Kompolnas periode 2020-2024.

Karena itu menurut dia, ada berbagai penyempurnaan atas evaluasi tahun lalu dan penambahan kategori yaitu penghargaan untuk satker yang dinilai memiliki kinerja baik untuk mewujudkan Polri yang profesional dan mandiri.

"Belajar dari penyelenggaraan pertama banyak masukan yang kami dapatkan dari jajaran Polri, masyarakat, kemudian dari teman-teman semua yang mengikuti perhelatan itu," katanya.

Benny mengungkapkan "Kompolnas Awards 2023" akan dibagi dalam tiga satker, pertama, kelompok satker dan unit kerja di lingkungan Mabes Polri yang melakukan aktivitas pelayanan publik.

Kelompok kedua, menurut dia, satwil di lingkungan Polda yang sebelumnya masuk dalam Polda Tipe A Khusus dan Tipe A. Kelompok ketiga adalah satwil di lingkungan Polda yang sebelumnya masuk dalam Polda Tipe B.

Untuk kelompok satu, jumlah satker dan unit kerja yang dinilai sebanyak 65 buah. Lalu, kelompok kedua terdiri dari 11 Polda, 253 Polres dan 2.887 Polsek.

Kelompok ketiga tediri dari 23 Polda, 255 Polres dan 2.068 Polsek. Untuk itu, "Kompolnas Awards 2023" akan diberikan kepada 7 penerima, yaitu kategori satker atau unit kerja serta masing-masing terbaik di kelompok A dan B untuk tingkat Polda, Polres dan Polsek.

"Penilaian ini jauh lebih luas jangkauannya, sehingga kami tentunya mempersiapkan diri seluruh jajaran tim juri dan kepanitiaan bekerja keras untuk menyelesaikan penilaian ini sampai dengan akhir Juni," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa indikator penilaian menggunakan penilaian yang sudah dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Ombudsman RI, dan internal Polri.

Selain itu menurut dia, penilaian soal gaya hidup mewah juga masuk ke dalam pelanggaran kode etik yang akan membuat penilaian menjadi turun.

Benny berharap penghargaan tersebut dapat mendorong para personel Polri untuk terus bersaing secara sehat agar bisa membuat inovasi-inovasi baru, kreasi-kreasi dalam rangka pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat termasuk dalam rangka penegakan hukum.

Baca juga: Kompolnas apresiasi mutasi 473 personel Polri

Baca juga: Polisi salurkan bansos Polri kepada penggali kubur TPU Kampung Kandang

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023