untuk H-7 Lebaran, difokuskan untuk pengamanan arus mudik yang masuk ke Bantul, dengan mendirikan lima posko
Bantul (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyiapkan beberapa pos komando (posko) pengaturan arus lalu lintas mulai seminggu menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah hingga seminggu setelah Lebaran 2023.

"Untuk menghadapi arus lalu lintas dalam rangka Lebaran di Kabupaten Bantul, kami bagi dua, yaitu dimulai H-7, tujuh hari sebelum Lebaran, dan Lebaran hingga H+7, tujuh hari setelah Lebaran," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul Singgih Riyadi di Bantul, Jumat.

Menurut dia, untuk H-7 Lebaran, difokuskan untuk pengamanan arus mudik yang masuk ke Kabupaten Bantul, dengan mendirikan lima posko, yaitu Posko Induk di Gabusan Jalan Parangtritis, Posko Srandakan, Posko Klangon Jalan Wates Sedayu, Posko Piyungan dan Posko TPR Parangtritis.

"Itu yang kami tempatkan di sana lima pos, akan tetapi nanti petugas-petugas kita yang lain juga bergabung dengan pos-pos pengamanan yang didirikan oleh Kepolisian Resor (Polres) Bantul, maupun Dinas Perhubungan DIY," katanya.

Dia menyebutkan, dari Dishub DIY berdasarkan rapat komprehensif bersama kabupaten/kota di provinsi DIY, akan ada dua posko, yaitu pos di simpang Patuk Jalan Yogyakarta-Wonosari, dan Pos di Prambanan, Jalan Yogyakarta-Solo.

"Kalau dari Polres ada beberapa pos pengamanan yang biasa mereka dirikan, nanti personel kita bergabung di sana, tapi pos yang khusus ditangani Dishub Bantul ada lima untuk H-7," katanya.

Baca juga: Bantul kembangkan industri kreatif dengan ikutkan UMKM pada pameran

Singgih mengatakan pada hari H Lebaran hingga seminggu setelah hari raya, penempatan posko selain difokuskan di arus balik juga di jalur-jalur pariwisata. Dia menyebutkan setidaknya ada 10 posko yang tersebar di wilayah Bantul.

"Posko Induk Gabusan, Posko Srandakan, Posko Klangon dan Posko Piyungan, dan Posko TPR Parangtritis masih, kemudian kita tambah pos di kompleks wisata hutan pinus Mangunan, seperti di Puncak Becici, Puncak Pengger, Posko di Cinomati, kemudian Posko di Jembatan Kretek," katanya.

Menurut dia, dalam persiapan menghadapi arus lalu lintas Lebaran, pihaknya bersama unsur terkait di Pemda Bantul sudah mengikuti rapat daring bersama Polri, yang pada intinya di setiap daerah melakukan pengamanan arus lalu lintas menjelang dan sesudah Lebaran 2023.

Baca juga: Bantul kuatkan kolaborasi antardaerah bangun ekosistem usaha kreatif

Baca juga: Bupati: industri kreatif Bantul mampu atasi persoalan ketenagakerjaan

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023