Jakarta (ANTARA News) - Intel berencana turunkan konsumsi listrik pada jajaran prosesornya, termasuk produk Ivy Bridge yang sudah ada di pasaran.

Narasumber anonim perusahaan semikonduktor itu, seperti dikutip CNET, mengatakan Ivy Bridge terbaru mereka akan lebih hemat listrik dari produk yang sekarang sudah dipakai di Ultrabook Windows dan MacBook Air Apple.

Prosesor dengan konsumsi listrik di bawah 17 watt itu berarti chip Intel akan semakin merambah produk-produk tablet, seperti kemungkinan Ivy Bridge Core i5 yang akan dipakai Microsoft dalam tablet Surface Pro.

Sejumlah produsen tablet 10 inci dan 11 inci bersistem operasi Windows 8 menolak menggunakan prosesor Intel Z2760 yang hemat listrik karena kemampuan proses data jauh di bawah Ivy Bridge.

Penggunaan daya listrik yang rendah pada prosesor akan berdampak pada daya tahan baterai dan bentuk produk yang lebih tipis seperti pada tablet-tablet dengan prosesor ARM.

Konsumsi listrik pada beberapa keping prosesor ARM rata-rata di bawah dua watt sehingga berdampak pada durasi baterai yang tahan lama.

Sementara, keping-keping prosesor Intel x86 belum mencapai daya konsumsi di bawah dua watt meskipun mempunyai tenaga yang lebih besar dibanding ARM.

Sebelumnya, Intel telah menyebut produk terbarunya bernama Haswell akan memiliki konsumsi listrik di bawah 10 watt atau memangkas pemakaian listrik sebesar 41 persen dari seri sebelumnya.

 (I026)


Penerjemah: Imam Santoso
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012