Jakarta (ANTARA) - Intel meluncurkan prosesor 13th Gen Intel Core terbaru di Indonesia, melengkapi prosesor generasi ke-13 mereka.

“Kami sangat senang dapat menghadirkan prosesor 13th Gen Intel Core mobile terbaru kami hari ini di Indonesia, yang kini melengkapi keluarga prosesor generasi ke-13 kami, sehingga para gamer, kreator, dan enthusiast dapat mengalami kinerja berkaliber tinggi di semua segmen laptop," kata Managing Director, Sales, Marketing and Communications Group Intel SEA, South Asia and ANZ Simon Chan pada acara peluncuran di Jakarta, Kamis.

Produk 13th Gen Intel Core yang rilis di Indonesia meliputi prosesor 24-core pertama untuk laptop, yaitu Intel Core i9-13980HX yang memiliki performa kecepatan maksimal mencapai 5,6 GHz. Ketika dilakukan overclocking, kecepatan Intel Core i9-13980HX bisa menembus 6 GHz.

Intel Core i9-13980HX memiliki 24 unit core (inti) yang meliputi delapan performance cores untuk menunjang performa tinggi dan 16 efficient cores yang mendukung tugas-tugas pada background namun dengan pemakaian daya yang efisien. Selain itu produk prosesor tersebut juga dilengkapi oleh 32 threads.

Beberapa merek laptop yang telah dibekali oleh prosesor 13th Gen Intel Core antara lain Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo dan MSI.

Baca juga: Acer hadirkan empat laptop gaming ditenagai prosesor Intel Core Gen-13

Selain prosesor 13th Gen Intel Core, dalam acara itu Intel juga meluncurkan prosesor 4th Gen Intel Xeon untuk kebutuhan pusat data yang menghadirkan berbagai fitur untuk mengoptimalkan daya dan kinerja sehingga sumber daya CPU menjadi lebih optimal.

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, 4th Gen Intel Xeon dapat meraih peningkatan efisiensi kinerja per watt rata-rata sebesar 2,9x untuk beban kerja yang ditargetkan saat menggunakan akselerator built-in.

Prosesor tersebut juga mendukung penghematan daya hingga 70 watt per CPU dalam power mode yang dioptimalkan dengan menghilangkan performa minimal, dan biaya total kepemilikan (total cost of ownership/TCO) 52 persen hingga 66 persen lebih rendah.

Prosesor 4th Gen Intel Xeon memberikan penghematan daya pada tingkat platform sehingga mengurangi kebutuhan akan akselerasi discrete tambahan. Penggunaan prosesor juga dapat mendukung tujuan pusat data yang berkelanjutan karena dapat mengurangi jumlah server, penggunaan fleet power, dan emisi CO2.

Laptop dengan prosesor 13th Gen Intel Core dapat dibeli oleh konsumen Indonesia melalui toko ritel resmi yang dibanderol dengan harga mulai Rp10 juta. Sementara prosesor 4th Gen Intel Xeon tersedia di Indonesia melalui penyedia infrastruktur IT maupun cloud setempat.

Baca juga: Intel umumkan platform vPro terbaru dengan 13th Gen Intel Core

Baca juga: ASUS rilis Vivobook S16 Flip OLED dengan prosesor Intel 13th Gen

Baca juga: Intel luncurkan prosesor 13th Gen dengan harga mulai dari Rp5 jutaan

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023