Dhahran, Arab Saudi --(ANTARA/Business Wire)-- Aramco Digital dan Intel mengumumkan rencana pendirian Open RAN Development Center (Open RAN) pertama di Arab Saudi. Fasilitas ini diharapkan dapat mendorong inovasi, memajukan teknologi, dan berkontribusi pada bidang transformasi digital di Kerajaan Saudi.
 
Upaya kerja sama ini bertujuan untuk mempercepat pengembangan dan penerapan teknologi Open RAN guna membantu Kerajaan Arab Saudi membangun infrastruktur telekomunikasi yang kuat dan tangkas serta berfokus pada percepatan digitalisasi di seluruh industri. Tujuan kerja sama ini selaras dengan Visi 2030 Arab Saudi yang berfokus pada kemajuan teknologi dan diversifikasi ekonomi.

Open RAN adalah paradigma yang berkembang dalam arsitektur jaringan nirkabel yang meningkatkan fleksibilitas, interoperabilitas, dan inovasi. Aramco Digital memberikan pemahaman mendalam tentang kebutuhan pengembangan dan ambisi Kerajaan Saudi, peluang penerapan teknologi Open RAN, dan perspektif unik tentang bidang ekonomi Kerajaan Saudi. Intel adalah pelopor di bidang teknologi komputer dan komunikasi yang menghadirkan keahlian teknologi Open RAN dalam kerja sama ini.

Pokok-pokok penting dalam kerja sama ini:

1. ** Pusat Inovasi:** Open RAN Development Center akan berfungsi sebagai pusat inovasi, yang memupuk kerja sama antara insinyur, peneliti, dan pakar industri Aramco Digital dan Intel.

2. **Pengembangan Karyawan Berbakat Lokal:** Open RAN Development Center akan berkontribusi terhadap pengembangan karyawan berbakat lokal dengan menyediakan pelatihan dan pengalaman langsung di bidang teknologi komputer Open RAN dan Edge yang berkembang pesat.

3. **Dampak Ekonomi:** Kerja sama ini bertujuan untuk berkontribusi terhadap perekonomian lokal melalui inisiatif berbasis teknologi, yang selaras dengan tujuan Visi 2030 yang lebih luas.

4. **Kerja Sama Global:** Kerja sama Open RAN antara Aramco Digital dan Intel diharapkan dapat merambah ke manca negara sehingga menghubungkan Arab Saudi dengan bidang pengembangan dan penerapan Open RAN dan Edge di seluruh dunia.

Kata CEO Aramco Digital, Tareq Amin: “Kerja sama ini membuktikan komitmen kami untuk membantu mendorong inovasi di Kerajaan Saudi. Open RAN Development Center diharapkan menjadi katalis bagi evolusi digital, sehingga menyediakan sarana untuk kerja sama, pengembangan keahlian, dan terciptanya ekosistem teknologi yang dinamis. Inti kerja sama ini adalah mengumpulkan kemampuan lokal yang dinamis untuk teknologi 5G yang canggih dan teknologi 6G di masa depan.”

“Kami senang dapat bekerja sama dalam Open RAN dengan Aramco Digital dan menggabungkan kehebatan teknologi Intel di bidang jaringan komputasi edge dan perangkat lunak dengan wawasan lokal dan kepemimpinan industri Aramco Digital. Bersama-sama, kami ingin mempercepat penerapan solusi Open RAN berbasis komputasi edge di Arab Saudi dan sekitarnya," kata [Sachin Katti, wakil presiden senior Intel dan General Manager Network and Edge Group].

Open RAN Development Center direncanakan mulai beroperasi pada tahun 2024, dan akan menjadi tonggak sejarah proses Arab Saudi menuju masa depan berbasis teknologi.

Tentang Aramco Digital:

Aramco Digital adalah anak perusahaan digital dan teknologi milik Aramco, sebuah perusahaan energi dan bahan kimia terintegrasi yang berskala global. Aramco Digital bertujuan untuk membantu mendorong transformasi digital dan inovasi teknologi di berbagai sektor.

Tentang Intel:

Intel (NASDAQ: INTC) adalah perusahaan terdepan di dunia di bidang inovasi komputer. Intel merancang dan membangun teknologi penting yang menjadi landasan perangkat komputer dunia.

*Sumber: AETOSWire

Tersedia Galeri Multimedia/Foto: https://www.businesswire.com/news/home/53882082/en

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Kontak
Hosam M. Al-Gharib

Sumber: Aramco Digital

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024