kita manfaatkan untuk mendengarkan berbagai permasalahan
Mentok, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupaya menjaring aspirasi masyarakat melalui kegiatan Safari Ramadhan 1444 Hijriah.

"Safari Ramadhan tidak hanya berbuka bersama dan mengeratkan tali silaturahim, namun juga kita manfaatkan untuk mendengarkan berbagai permasalahan yang ada di desa," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Jumat.

Menurut dia, melalui kegiatan Safari Ramadhan, para pejabat di lingkungan pemerintah daerah bertemu langsung dengan masyarakat dan bisa mendengarkan berbagai informasi maupun permasalahan yang ada.

Dengan pola datang langsung di tengah warga ini diharapkan berbagai permasalahan yang disampaikan bisa cepat diselesaikan.

"Kami bersyukur karena pada tahun ini kegiatan Safari Ramadhan bisa kembali dilaksanakan setelah pada tahun sebelumnya dibatasi karena pandemi COVID-19, sehingga kita bisa bertemu langsung dengan warga," katanya.

Baca juga: Bangka Barat salurkan bantuan untuk masjid selama Safari Ramadhan
Baca juga: Pemkab Bangka Barat jaring aspirasi melalui Safari Ramadhan

Menurut dia, selama pandemi COVID-19 pemkab tidak bisa melakukan kegiatan berkumpul di tengah warga, termasuk kegiatan keagamaan.

Di bulan baik ini, dia juga mengajak masyarakat dapat mensyiarkan Agama Islam. Memperjuangkan agama Allah pada masa ini tidak dengan mengangkat pedang atau berperang, namun melakukan hal yang baik pada diri sendiri karena itu bagian dari syiar agama Allah.

Pada Safari Ramadhan di Desa Sinarmanik, Kecamatan Jebus , Kamis (30/3) Bong Ming Ming menyerahkan bantuan dari Pemkab Bangka Barat dua buah kipas angin, satu buah sound system portabel, 15 lembar kain sarung, dan dua gulung karpet sajadah ukuran 10 meter untuk pengurus masjid.

Selain itu, Pemkab melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa juga memberikan bantuan paket bahan pangan pokok kepada 10 keluarga membutuhkan, Baznas Bangka Barat menyerahkan 10 paket santunan dalam bentuk uang tunai dan tujuh paket untuk Pengurus Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat.

Baca juga: Pemkab Bangka Tengah santuni 600 anak yatim dalam safari Ramadhan

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023