Koba, Babel, (ANTARA) - Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan di 30 masjid atau rumah ibadah yang tersebar pada enam kecamatan.

"Safari Ramadhan agenda rutin Pemkab Bangka Tengah setiap tahun, pada Ramadhan tahun ini saya mengikuti Safari Ramadhan di 30 masjid," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, kegiatan safari Ramadhan bukan hanya melaksanakan shalat tarawih dan berbuka puasa bersama saja tetapi momentum untuk bertatap muka langsung dengan masyarakat dari berbagai kalangan dan menyerap aspirasi mereka.

"Selain itu, kami juga menyalurkan dana hibah untuk setiap masjid atau rumah ibadah yang kami kunjungi," ujarnya.

Ia juga mengatakan, pemerintah daerah membagikan sembilan bahan pokok kepada mereka yang membutuhkan untuk membantu menekan biaya kebutuhan rumah tangga yang cenderung meningkat dalam Ramadhan sementara harga bahan kebutuhan pokok cenderung naik.

"Kami juga berbagi kepada kaum duafa, janda, jompo dan anak yatim untuk sama-sama bergembira di bulan yang suci ini," ujarnya.

Selain Safari Ramadhan, Ibnu Saleh juga mengikuti Safari Jumat dengan mendatangi sejumlah rumah ibadah dan bertemu dengan para tokoh dan pemuka agama di daerah itu.

"Intinya melalui kegiatan Safari Ramadhan ini, menjadi momentum untuk menjalin silaturrahim dan membaur dengan masyarakat di tengah kesibukan menjalankan tugas sebagai kepala daerah," ujarnya. 

Pewarta: Ahmadi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019