Jakarta (ANTARA News) - Istri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono pantas menjadi calon presiden dari Partai Demokrat.

"Kalau bicara soal pantas atau tidak, Ibu Ani Yudhoyono pantas menjadi capres," kata Ketua Fraksi PD, Nurhayati Ali Assegaf di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin.

Bila memang pantas menjadi capres, apakah Presiden SBY akan menarik pernyataannya bahwa dirinya dan keluarganya, termasuk istrinya (Ani Yudhoyono) tidak akan mencalonkan diri sebagai capres? Nurhayati mengatakan, setiap warga negara berhak dipilih dan memilih, termasuk menjadi calon presiden.

"Berdasarkan UUD 45 bahwa siapapun berhak menjadi capres. Kita serahkan kepada masyarakat. Kalau masyarakat menghendaki, kenapa tidak," ujarnya.

Sejauh ini, dirinya belum mengetahui siapa yang bakal menjadi capres dari PD. "Saya juga belum tahu sama sekali bocoran capres dari Presiden SBY maupun dari ibu Ani Yudhoyono soal capres dari PD. Demokrat sendiri akan bahas calon presiden pertengahan 2013," kata Nurhayati.

Sebelumnya, Nurhayati menyatakan, Ketua Umum PD, Anas Urbaningrum tidak berminat menjadi calon presiden. Anas lebih mengutamakan partai, membesarkan partai sehingga pada Pemilu 2014, Partai Demokrat bisa mencapai perolehan suara sebesar 30 persen.

(Zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012