Batam (ANTARA) - TNI Angkatan Udara (AU) Lanud Hang Nadim Batam mengadakan latihan Penanggulangan Huru Hara (PHH) guna meningkatkan kemampuan prajurit dalam mengatasi terjadinya huru hara di objek vital wilayah kerja TNI AU dalam jumlah massa yang besar.

Komandan Lanud Hang Nadim, Letkol Pnb Betya Lukman Madyana mengatakan, latihan ini juga sebagai bentuk antisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau terjadi kerusuhan massa.

“Kegiatan ini kami lakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan perorangan maupun beregu, serta melatih ketangkasan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya huru hara dalam jumlah massa yang besar di objek vital di wilayah kerja Lanud Hang Nadim seperti misalnya di bandara dan di markas AU,” ujarnya di Batam Kepulauan Riau, Jumat (31/3).

Latihan ini, kata dia, melibatkan seluruh personel Lanud Hang Nadim dan menggunakan atribut anti huru hara. Kegiatan dilakukan di depan markas Lanud Hang Nadim.

Dia menyebutkan, kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat bagi seluruh prajurit untuk melatih kembali kegiatan penanggulangan huru hara yang merupakan salah satu kegiatan OMSP (Operasi Militer Selain Perang).

“Simulasi Latihan PHH ini selain bertujuan mengasah kemampuan prajurit dalam menghadapi massa latihan ini juga membantu pemerintah dalam mengatasi konflik sosial yang terjadi di suatu wilayah supaya tidak meluas,” kata dia.

Pewarta: Ilham Yude Pratama
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023