Kita berharap kapal yang baru ini bisa membantu juga pengamanan di Labuan Bajo
Kupang (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Irjen Pol Johanis Asadoma mengatakan bahwa satu dari dua kapal patroli yang baru diresmikan akan diperbantukan untuk pengamanan saat pelaksanaan KTT ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat pada Mei 2023

“Untuk KTT ASEAN kita akan geser juga kapal baru ini agar bisa diperbantukan untuk menjaga keamanan perairan selama pelaksanaan pertemuan sejumlah kepala negara tersebut,” katanya di Kupang, Jumat.

Hal ini disampaikan menanggapi kedatangan dua kapal patroli tipe C1 yang baru diresmikan dan diuji coba berlayar di perairan Kupang selama kurang lebih satu jam.

Dia mengatakan bahwa dalam pelaksanaan KTT ASEAN 2023 posisi Polri hanya sebagai BKO saja, sebab dalam hal pengamanan kepala negara masuk dalam kewenangan TNI dan Paspampres.

“Kita berharap kapal yang baru ini bisa membantu juga pengamanan di Labuan Bajo,” tambah dia.

Dia juga mengatakan bahwa keberadaan dua kapal patroli baru itu dipastikan bisa membantu menjaga wilayah perairan NTT, walaupun pada dasarnya belum sepenuhnya bisa untuk mengamankan seluruh wilayah perairan NTT yang sangat luas.

“Kalau dibilang cukup atau tidak, ya belum cukup, tetapi dengan kapal yang ada dipastikan bisa membantu pengamanan perairan di NTT,” ujar dia.

Direktur Polairud Polda NTT Kombes Pol Nyoman Budiarja mengatakan dari dua kapal yang didapat itu, nantinya satu akan ditempatkan di Labuan Bajo untuk pengamanan wilayah tersebut secara permanen.

Sementara satu kapal lagi akan ditempatkan di Pulau Rote Ndao yang berbatasan dengan Australia sekaligus menjaga kawasan perairan tersebut agar terhindar dari berbagai kasus pemboman ikan dan tindakan pidana lainnya.

Baca juga: Jokowi akan resmikan jalan dan tinjau tempat KTT ASEAN di NTT
Baca juga: Kapolda-Kakorlantas tinjau keamanan di Labuan Bajo jelang KTT ASEAN
Baca juga: DJBC perkuat personel dan fasilitas dukung KTT ASEAN di Labuan Bajo

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023