Solo (ANTARA) -
Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meraih penghargaan dari Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) atas kinerja anggaran untuk kategori Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).
 
Rektor UNS Jamal Wiwoho di Solo, Sabtu mengatakan dalam penganugerahan tersebut UNS meraih prestasi terbaik ketiga kategori PTNBH dengan skor nilai kinerja anggaran (NKA) sebesar 91,81 persen atau sangat baik pada tahun 2022.
 
"UNS berkomitmen menjaga kualitas pelaksanaan anggaran melalui perencanaan, optimalisasi kinerja serta monitoring dan evaluasi berkelanjutan dengan mengutamakan pencapaian indikator kinerja utama," katanya.
 
Ia juga mengapresiasi kinerja seluruh civitas akademika hingga akhirnya bisa meraih penghargaan tersebut.
 
Sementara itu, dalam penganugerahan dilakukan di Jakarta, Kamis (30/3),  Mendikbudristek RI Nadiem Anwar Makarim mengatakan prinsip dan orientasi pelaksanaan kinerja dalam menjalankan pemerintahan tidak bisa diukur dari bagaimana sebuah kebijakan atau program dikirim kepada pemangku kepentingan, namun bagaimana kebijakan atau program tersebut diterima menjadi sebuah capaian dan memiliki kebermanfaatan yang masif.
   
"Ini pesan Bapak Presiden (Joko Widodo). Pak Presiden bilangnya bukan hanya send (mengirim) saja, tetapi deliver (mengantarkan). Itu kuncinya," katanya.
 
Ia mengatakan komitmen seluruh unit dan satuan kerja di Kemendikbudristek untuk melakukan transformasi telah melahirkan sejumlah capaian yang membanggakan.
 
Capaian tersebut tidak lepas dari peran dan komitmen seluruh unit dan satuan kerja salah satunya perguruan tinggi termasuk UNS.
   
 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023