Jakarta (ANTARA) - PT BISA Ruang Nuswantara (BIRU) melakukan investasi dengan memberikan dana dalam bentuk utang senilai Rp7,5 miliar kepada TORAJAMELO yang akan dimanfaatkan untuk ekspansi bisnis, meningkatkan dampak sosial dan biaya operasional platform AHANA.

Direktur Utama PT Delta Dunia Makmur Tbk, induk perusahaan PT BIRU, Ronald Sutardja dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu menyatakan antusiasnya terhadap kerja sama antara BIRU dan TORAJAMELO.

"Dukungan yang kami berikan merupakan wujud nyata komitmen kami terhadap akselerasi ESG (Environmental, Social and Governance) baik dari sisi lingkungan berkelanjutan serta dampak sosial termasuk mendukung pemberdayaan perempuan di Indonesia, terutama di daerah-daerah dimana pengembangan kapasitas dan akses ke pasar masih terbatas," katanya.

Pihaknya berharap bantuan yang diberikan selain meningkatkan pengembangan wirausaha perempuan juga mendukung kelestarian lingkungan sehingga memberi kontribusi positif bagi masyarakat sekitar dan komunitas.

AHANA merupakan platform penyedia merek lokal yang dikurasi dengan mengedepankan keberlanjutan lingkungan oleh TORAJAMELO, lini bisnis penyedia berbagai kebutuhan gaya hidup.

Kehadiran platform ini diharapkan dapat memperluas kolaborasi dengan pihak yang memiliki kesamaan visi terhadap pengembangan produk-produk tradisional yang berkualitas dan mendukung prinsip kelestarian lingkungan hasil buatan wirausaha perempuan Indonesia untuk mendapatkan akses pasar yang lebih luas.

AHANA juga berencana meluncurkan re:mello yang merupakan inisiatif untuk membantu perusahaan dalam memajukan agenda sirkular.

Direktur TORAJAMELO Dinny Jusuf menyatakan kehadiran AHANA diharapkan menyediakan akses pasar yang lebih luas bagi wirausaha perempuan sekaligus memajukan komunitas pengusaha perempuan.

Hal itu, lanjutnya, untuk menghasilkan produk yang bernilai sosial tinggi dan ramah lingkungan sehingga dapat memberikan dampak yang lebih luas bagi pengrajin sekaligus wirausaha perempuan (artisan).

Di sisi lain, kehadiran AHANA tentu membantu BIRU dan Delta Dunia untuk melakukan investasi berdampak positif guna mengakselerasi program ESG baik dari sisi lingkungan berkelanjutan sekaligus meningkatkan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar dan komunitas,”

"Kami berharap kerja sama ini dapat mengakselerasi skala investasi berdampak positif sekaligus mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam mendorong pertumbuhan ekonomi sirkular dan meningkatkan pemberdayaan perempuan lokal di Indonesia," katanya.

Pewarta: Subagyo
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023