Manado (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem tanggal 3-5 April 2023 di sejumlah wilayah kabupaten dan kota di Sulut.

'Kami berharap masyarakat mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang," ajak Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben Molle di Manado, Minggu.

Karena itu dia berharap masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana banjir, tanah longsor ataupun pohon tumbang untuk berhati-hati.

'Kami akan terus melakukan pemutakhiran data dan informasi cuaca untuk selanjutnya diinformasikan kepada masyarakat dan pemangku kepentingan melalui kanal-kanal informasi yang tersedia," ujarnya.

Dia menyebutkan, pada esok hari, cuaca ekstrem berpeluang terjadi di Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Minahasa Tenggara.

Baca juga: BMKG: Sulut berpotensi cuaca ekstrem beberapa hari ke depan
Baca juga: BMKG: Waspadai gelombang 2,5 meter di Sulawesi Utara hingga 12 Maret

Berikutnya, Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Di tanggal 4 Maret kondisi cuaca seperti itu diperkirakan terjadi di Kota Manado, Kota Tomohon, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Kepulauan Sitaro dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Sementara di tanggal 5 April diprediksi terjadi di Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabut Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Baca juga: BMKG: Waspadai potensi cuaca ekstrem saat peralihan musim saat ini

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023