Kabupaten Bogor (ANTARA) - Petugas gabungan menggelar patroli malam hari hingga waktu sahur untuk mencegah aksi tawuran di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang marak terjadi belakangan ini.

Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin di Bogor, Minggu, menyebutkan bahwa patroli yang dilakukan Kepolisian bersama Brimob, Kodim 0621, dan Satpol PP Kabupaten Bogor itu menyasar lokasi-lokasi yang menjadi tempat berkumpulnya para remaja.

"Patroli skala besar ini kita lakukan secara serentak di seluruh wilayah Kabupaten Bogor. Kita ingin memastikan kondusifitas saat bulan Ramadhan selalu dalam keadaan yang aman, tertib, nyaman dan kondusif," kata Iman.

Menurutnya, saat melakukan patroli, petugas memberikan imbauan-imbauan kepada remaja untuk tidak berkeliaran malam hari. Kemudian, dilakukan juga pembubaran terhadap sejumlah remaja yang didapati sedang berkumpul.

"Karena hal tersebutlah yang dapat memicu terjadinya aksi tawuran ataupun kejahatan jalanan lainnya," tuturnya.

Iman meminta kepada seluruh orangtua di Kabupaten Bogor untuk selalu melakukan pengawasan terhadap anak-anaknya, sehingga tidak berkeliaran di jalan di atas pukul 22.00 WIB. Karena, menurutnya hal tersebut berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas.

“Mari kita bersama-sama jaga kondusifitas di kabupaten Bogor ini, laporkan segera kepada kami bila terjadi gangguan kamtibmas atau menemukan langsung gangguan kamtibmas tersebut di wilayah kabupaten Bogor ini, bisa melalu call Center 110 Polres Bogor ataupun di nomor aduan 081212805587," kata Iman.

Sebelumnya, Kepolisian Sektor Sukaraja, Polres Bogor, mengungkap aksi "perang sarung" sejumlah remaja di Desa Pasirlaja, Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu, dengan membawa senjata tajam (sajam) berupa golok hingga celurit.

"Dari tangan para remaja tersebut pihak kepolisian pun berhasil mengamankan Senjata tajam jenis golok, celurit hingga stik golf," kata Kapolsek Sukaraja, Kompol Sumito di Bogor.

Ia menyebutkan, perang sarung tersebut dilakukan para remaja saat dini hari setelah sahur. Kepolisian berhasil mengamankan tiga remaja, dua di antaranya telah terlebih dahulu diamankan oleh warga.

"Atas temuan tersebut ketiga orang remaja tersebut pun langsung di bawa ke Mako Polsek Sukaraja untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut," terangnya.

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023