....Banyak aspek yang akan dinilai, diantaranya dari segi operasional dan SDM. Selain itu, pihak AusAID akan turut mengawasi perawatan bus-bus TransJakarta."
Jakarta (ANTARA News) - Badan Layanan Umum (BLU) TransJakarta dan Badan Pembangunan Internasional Australia (AusAID) akan bekerja sama memperbaiki sistem transportasi TransJakarta.

"Rencananya, mereka (AusAID) akan berada di Jakarta selama kurang lebih 16 bulan untuk membantu kita dalam membenahi sistem TransJakarta," kata Kepala BLU TransJakarta Muhammad Akbar di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa.

Kerja sama BLU TransJakarta dan AusAID, lanjut Akbar, sudah dilakukan sejak Senin (3/12) kemarin. Dia mengatakan pihak AusAID akan mengirimkan sejumlah tenaga profesional yang akan meneliti berbagai permasalahan yang ada di Transjakarta.

"Para ahli dan tenaga profesional itu akan meneliti dan mengkaji masalah-masalah manajemen, Sumber Daya Manusia (SDM) serta operasional TransJakarta," ujar Akbar.

Menurut Akbar, AusAID terkesan dengan perkembangan TransJakarta yang begitu pesat kurun waktu yang relatif singkat.

"Mereka (AusAID) terkesan dengan perkembangan TransJakarta. Mereka menyarankan agar kita lebih meningkatkan dan mengembangkan sistemnya, sehingga dapat menjadi lebih baik," kata Akbar.

Akbar menuturkan setelah melakukan berbagai kajian dan penelitian terkait TransJakarta, selanjutnya pihak AusAID akan membuat sejumlah rekomendasi yang ditujukan untuk perbaikan Transjakarta.

"Setelah AusAID memberikan rekomendasi, kita akan melanjutkannya ke tahap desain dan implementasi. Banyak aspek yang akan dinilai, diantaranya dari segi operasional dan SDM. Selain itu, pihak AusAID akan turut mengawasi perawatan bus-bus TransJakarta," tutur Akbar.

Akbar menambahkan kerja sama tersebut merupakan bantuan yang diberikan oleh Australia. Rekomendasi yang dihasilkan dari kerja sama itu akan sebisa mungkin diterapkan agar pelayanan TransJakarta lebih baik dan meningkat.  (R027/Z002)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012