Ketiganya ditangkap dari sebuah mobil yang sengaja dicegat anggota di jalan lintas barat Sumatera. Saat itu ketiganya akan berangkat ke Bengkulu dari Air Haji."
Painan, Sumbar (ANTARA News) - Tiga pelaku perampokan bersenjata api lintas Sumatera berhasil ditangkap jajaran Kepolisian Resor Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat di Kecamatan Linggo Sari Baganti, Selasa (4/12).

"Ketiganya ditangkap dari sebuah mobil yang sengaja dicegat anggota di jalan lintas barat Sumatera. Saat itu ketiganya akan berangkat ke Bengkulu dari Air Haji," kata Wakapolres Pesisir Selatan Kompol Dwi Harsono di Linggo Sari Baganti, Selasa malam.

Dari tangan tersangka polisi mengamankan sepucuk senjata api jenis FN, tiga butir peluru dan uang tunai sebesar Rp15 juta sebagai barang bukti.

Sebelumnya pelaku berhasil membawa kabur uang tunai milik nasabah BRI Tapan, Surya Hamzah (50) sebesar Rp20 juta dan menghadiahi korban peluru panas di rusuk kanannya dalam sebuah aksi perampokan yang terjadi Senin (3/12).

Setelah berhasil membawa kabur uang dan menembak korban, pelaku kabur ke arah Air Haji. Di perjalanan, tepatnya di Kampung Ilalang Panjang Kecamatan Pancung Soal, pelaku meninggalkan mobil APV yang digunakan untuk melancarkan aksinya di pinggir jalan lintas barat Sumatera dan lari ke hutan.

Sekitar pukul 15.00 WIB, ketiganya berhasil ditangkap polisi. Ketiganya yakni Acik (27), Irwan (25) dan Arhamin (21), semuanya warga Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

Perampokan di Tapan diduga dilakukan empat orang. Satu orang berhasil kabur, yakni Anto (28) dan hingga kini masih dalam pengejaran aparat kepolisian.

Berdasarkan pengakuan pelaku yang ditangkap, Anto lari ke arah Bengkulu dengan menaiki kendaraan umum dari Linggo Sari Baganti. (AGP/R014)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012