Jayapura (ANTARA) - Pelaksana Harian Komandan Distrik Militer (Dandim) 1715/ Yahukimo Letkol Inf Tommy Yudistyo mengajak kepala suku untuk turut serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) agar Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan, dalam aman dan kondusif.
 
"Diharapkan kepala suku dapat merangkul masyarakat agar selalu mendukung program-program pemerintah daerah dan menjaga kamtibmas di wilayahnya," ujar Tommy pada acara pengukuhan kepala suku dan penandatanganan sikap bersama di Distrik Dekai, Yahukimo, Senin.

Apalagi saat ini, kata dia, pembangunan sedang digalakkan di daerah ini, sehingga bila situasi aman maka berbagai program dapat terlaksana dengan lancar demi kesejahteraan masyarakat.
 
"Kepala suku diharapkan dapat merangkul masyarakat agar mendukung program pembangunan, bersinergi dan berkolaborasi dengan aparat keamanan dalam menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Yahukimo,” ujar Tommy.
 
Sementara itu Bupati Yahukimo Didimus Yahuli mengajak ​kepala suku juga untuk ikut berpartisipasi menciptakan rasa aman dan kedamaian di daerah itu.
 
"Kepala Suku merupakan tokoh yang mengenal budaya dan dikenali masyarakat, sehingga diharapkan dapat menjadi penggerak guna menciptakan rasa aman di Yahukimo," ujarnya.
 
Menurut dia, dengan kembali rasa aman maka berbagai program pembangunan dapat dilanjutkan, sehingga masyarakat merasakannya, mengingat beberapa waktu lalu terjadi gangguan keamanan yang sempat meresahkan masyarakat.
 
"Pembakaran rumah dan gedung sekolah serta penembakan pesawat beberapa waktu lalu, telah melumpuhkan sendi-sendi kehidupan masyarakat di Kabupaten Yahukimo, " ujar Bupati.
 
Yahuli menyebut berbagai insiden itu jangan lagi terjadi dan kita bersama-sama harus melawan segala tindakan-tindakan yang memecah belah persatuan di Yahukimo.
 
"Pemda Yahukimo sangat berharap dapat hidup rukun dan damai karena ini adalah rumah kita bersama, tempat tinggal dan tempat bernaung,” kata Yahuli.
 
Acara pengukuhan kepala suku dan penandatanganan sikap bersama itu dilakukan 13 kepala suku di wilayah Kabupaten Yahukimo.
 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023