Makassar (ANTARA) - Mahasiswi UIN Alauddin Makassar, Sanunggarah Talaohu, terpilih membawa presentasi pada ajang 3th International Conference on Engineering, Social-Science, and Humanities (IC-ESSU) di Manila, Filipina.

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) angkatan 2019 tersebut mengikuti kegiatan ini secara virtual dengan mengusung tema “New Innovations in Engineering, Social Science and Humanities”.

Sanunggarah di Makassar, Senin, mengatakan, turut berpartisipasi dalam konferensi internasional yang digelar 31 Maret 2023 itu merupakan pengalaman yang sangat berharga.

"Awalnya ragu dan cemas, namun berkat dorongan dosen pembimbing dan motivasi dari keluarga, serta dukungan teman-teman sehingga saya mampu mengalahkan keraguan tersebut hingga dapat mempresentasikan karya ilmiah dengan baik sampai akhir sesi forum diskusi," katanya.

Sanunggarah berkesempatan menjadi salah satu presenter di ajang tersebut, setelah melewati beberapa tahapan dan validasi hingga akhirnya berhasil menjadi presenter paper research dengan judul “The Role of Transparency in Mediating the Determinants of Government Accountability in Indonesia”.

Baca juga: UIN Alauddin-Mahsa University Malaysia kerja sama kolaborasi riset

Baca juga: UIN Makassar-OUM Malaysia kerja sama tridharma perguruan tinggi


Sementara itu, Dosen Pembimbing Jamaluddin Majid menitipkan pesan agar tidak cepat berpuas diri dengan raihan yang dimiliki saat ini, teruslah untuk selalu menggali potensi.

“Teruslah belajar dan memantaskan diri atas mimpi yang ingin di raih, mulailah perlahan hingga menjadi kebiasaan baik, jangan pernah takut melangkah sebab keberhasilan harus dicapai dengan berusaha, ikhtiar disertai doa," tuturnya.

International Conference IC-ESSU ini sendiri merupakan ajang pertemuan Ilmiah para akademisi dan generasi di berbagai belahan dunia untuk mempresentasikan karya ilmiah mereka.

Selain itu mereka juga membuat konsep dan ide gagasan penelitian serta pengembangan keilmuan dalam bidang Teknik, Ilmu Sosial dan Humaniora guna dapat memberikan pengembangan keilmuan secara teori maupun praktek.

Konferensi ini di inisiasi oleh Institute For Engineering Research and Publication (IFERP) yang berkolaborasi dengan tiga universitas, diantaranya University of Antique, Antique, Philippines; Santo Tomas College of Agriculture Sciences and Technology, Philippines dan Universitas Lakidende, Indonesia.

Baca juga: UIN Alauddin Makassar-Pemkab Gowa kerja sama Program Mahasantri

Baca juga: Mahasiswa Irak jadi doktor pertama UIN Alauddin era pandemi COVID-19

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023