Makassar (ANTARA) - Sebanyak 1.173 orang dinyatakan lulus masuk UIN Alauddin Makassar lewat jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN).

Pengumuman itu dapat dilihat melalui laman https://pengumuman.span-ptkin.ac.id/. Selain itu, pengumuman dapat diakses melalui website UIN Alauddin Makassar https://uin-alauddin.ac.id/pengumuman.

Panitia lokal yang juga Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (Biro AAKK) Dr Kaswad Sartono M Ag dalam keterangannya di Makassar, Kamis, menyampaikan keberhasilan para mahasiswa tersebut bukan dari akhir perjuangan tapi baru memulai.

"Selamat atas kesuksesan masuk di UIN Alauddin Makassar melalui jalur prestasi SPAN PTKIN, mudah mudahan bisa berjalan lancar kuliahnya dan sukses membawa nama baik almamater serta keluarga," katanya.

Baca juga: Mahasiswa UIN Alauddin presentasi IC-ESSU di Filipina

Baca juga: Dekan: Terduga pelaku pelecehan bukan pegawai UIN Alauddin Makassar


Mantan Kepala Bidang Penerangan Agama Islam Zakat dan Wakaf Kanwil Kemenag Provinsi Sulsel itu membeberkan dari 36 prodi yang dibuka, jumlah pendaftar memilih pilihan pertama dan kedua di UIN Alauddin Makassar itu sebanyak 26.207 orang.

"Ada tiga prodi yang memiliki pendaftar terbanyak, diantaranya prodi Farmasi 3.480, Teknik Informatika 2.952, Kesehatan Masyarakat 2.942" ujarnya.

Tahapan selanjutnya yang harus dilalui, kata Dr Kaswad Sartono, calon mahasiswa yang diterima melakukan registrasi, mulai tanggal 5 hingga 12 April mendatang.

"Proses registrasi ini juga berlangsung secara online melalui http://pmb.uin-alauddin.ac.id," beber Dr. Kaswad.

Dirinya mengingatkan agar calon mahasiswa yang diterima melalui Jalur SPAN PTKIN  mengunggah dokumen-dokumen yang sebenarnya.

Menurutnya, jika ditemukan dokumen yang tidak benar, maka kelulusan calon mahasiswa ini dapat dibatalkan.

Sementara bagi siswa yang belum berhasil diterima melalui Jalur SPAN PTKIN, Dr Kaswad Sartono mengatakan siswa jangan berkecil hati karena UIN Alauddin Makassar masih memiliki tiga jalur yakni SBMPTN, UM PTKIN dan UMM.

"Siswa yang belum dinyatakan lulus pada jalur ini, silahkan melakukan pendaftaran pada tiga jalur yang masih tersedia. Untuk lebih jelasnya siswa mengunjungi laman siadin.uin-alauddin.ac.id," ujarnya.*

Baca juga: UIN Alauddin-Mahsa University Malaysia kerja sama kolaborasi riset

Baca juga: UIN Makassar-OUM Malaysia kerja sama tridharma perguruan tinggi

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023