Makassar (ANTARA) - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid mengapresiasi produk inovasi nano cream dari Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Sulawesi Selatan, yang dipamerkan pada Expo OASE PTKI II di Pusat Kegiatan Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada 14-16 Juni 2023.

Wamenag Zainut Tauhid juga menekankan pentingnya kolaborasi antara institusi pendidikan dan pemerintah dalam mendorong perkembangan ilmu pengetahuan dan inovasi di Indonesia.

Hakam Muqsid, salah satu anggota Tim Inovasi UIN Alauddin Makassar dalam keterangan yang diterima di Makassar, Jumat, menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan apresiasi Wamenag Zainud Tauhid terhadap inovasi yang mereka lakukan.

Dengan adanya kunjungan Wamenag ke stan bidang nano dan kesehatan UIN Alauddin Makassar, kata dia, diharapkan inovasi yang dihasilkan dapat lebih dikenal dan diaplikasikan secara luas dalam dunia medis.

Baca juga: Menag: Gelaran OASE bukti mahasiswa PTKI kompeten di bidang sains

Hakam Muqsid menjelaskan nano cream adalah krim kecantikan yang memiliki fungsi unik dalam membunuh bakteri Staphylococcus Aureus, terutama dalam pengobatan penyakit Staphylococcal Scalded Skin Syndrome (SSSS).

Penemuan ini, kata dia, diharapkan dapat memberikan solusi yang efektif dalam pengobatan penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri tersebut.

OASE PTKI atau Olimpiade Agama, Sains, dan Riset Perguruan Tinggi Keagamaan Islam merupakan ajang yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama (Kemenag) setiap dua tahun sekali.

Acara ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, serta menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak terkait.

Baca juga: Menag: OASE PTKI jadi wahana akademis menimba pengetahuan

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023