Kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk membahas dan meningkatkan peran Pusat Pengembangan Bisnis di lingkungan PTKIN seluruh Indonesia,"
Makassar (ANTARA) - Pusat Pengembangan Bisnis (P2B) UIN Alauddin Makassar, Sulawesi Selatan menjadi tuan rumah Workshop Pengembangan Bisnis bagi 28 P2B Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesi, 15-17 Juli 2023.

"Kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk membahas dan meningkatkan peran Pusat Pengembangan Bisnis di lingkungan PTKIN seluruh Indonesia," kata Rektor UIN Alauddin Prof Hamdan Juhannis di Makassar, Senin.

Ia mengatakan Kemenag telah berpihak kepada P2B dengan hadirnya Peraturan Menteri Agama (PMA) 23 tahun 2021.

PMA ini, lanjutnya, dianggap sebagai senjata ampuh bagi para pengusaha kampus untuk memperkuat dan mengembangkan bisnis PTKIN.

"Hadirnya PMA 23 Tahun 2021 mencerminkan keberpihakan Kemenag dalam mendukung peran strategis P2B untuk mengembangkan bisnisnya," katanya.

Selain itu, Guru Besar Sosiologi Pendidikan itu mengatakan pentingnya penguatan kelembagaan menjadi fokus utama dalam rangka menghadapi tantangan ke depan

Dia meminta P2B meningkatkan tata kelola sehingga keuangan institusi dapat berputar dan memberikan kontribusi yang lebih signifikan terhadap BLU.

"Spirit solidaritas sangat penting dalam memajukan P2B. Ketika kita bersatu dan berkolaborasi, tidak ada yang sulit untuk dicapai," katanya Hamdan Juhannis.

Senada dengan itu, Kepala P2B UIN Alauddin Makassar, Andi Achru, mengatakan, pertemuan tersebut berdiskusi tentang strategi menghadapi tantangan kerja, khususnya dalam meningkatkan perjuangan peningkatan BLU.

Diskusi tersebut, katanya, membuka ruang bagi P2B PTKIN Se Indonesia untuk berbagi pengalaman dan ide guna memajukan BLU di masing-masing institusi.

Kegiatan kedua tak kalah pentingnya, lanjutnya melakukan evaluasi program dan capaian yang telah diraih.

"Evaluasi ini menjadi langkah maju untuk menjaga tingkat keberhasilan dan membantu pengembangan BLU di masa depan," demikian Andi Achru.

Baca juga: PTKIN dan Universitas di Malaysia jalin kerjasama internasional

Baca juga: UIN Alauddin menerima 1.173 mahasiswa baru jalur SPAN PTKIN

​​​​​​​
Baca juga: Wamenag: Universitas di Indonesia terbuka untuk mahasiswa Palestina

Baca juga: Kemendikbud menekankan PTKIN UM harus mencetak calon mahasiswa yang berkualitas

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023