ini menjadi langkah signifikan dalam pengembangan riset
Makassar (ANTARA) - UIN Alauddin Makassar dan PT Prodia Widyahusada melakukan penjajakan kerja sama kolaborasi penelitian untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan pelayanan kesehatan di wilayah timur Indonesia.

"Kerja sama ini menjadi langkah signifikan dalam pengembangan riset di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan serta Fakultas Sains dan Teknologi di UIN Alauddin Makassar," kata Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga UIN Alauddin Prof Dr Kamaluddin Abunawas MAg di Makassar, Senin.

"Alhamdulillah UIN Alauddin luar biasa, satu-satunya PTKIN yang memiliki rumah sakit murni di lingkungan PTKIN," lanjutnya.

Menurut Guru Besar Ilmu Linguistik Arab itu, kunjungan rombongan Prodia ini sebagai langkah awal dalam membangun kolaborasi dengan para pihak berkepentingan, dimulai dari silaturahmi.

Prof Kamaluddin Abunawas menekankan, kerja sama yang tengah dijajaki ini tidak boleh melupakan prinsip dasar tri dharma perguruan tinggi yang melibatkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat, rumah sakit ini bisa menjadi sarana yang bermanfaat bagi riset dan pengembangan ilmu pengetahuan," tutupnya.

Baca juga: UIN Alauddin tuan rumah pengembangan bisnis PTKIN se-Indonesia
Baca juga: Kunjungi OASE PTKI, Wamenag apresiasi inovasi nano cream UIN Makassar


Sementara itu, Menurut Regional Head Sulampua PT Prodia Widyahusada Tbk Hermin Tikumaqdika mengatakan, Prodia telah menjadi laboratorium terbaik di Indonesia.

"Misi kami adalah menjadi pusat keunggulan dalam pengembangan ilmu kedokteran dengan tujuan utama membantu penelitian epidemiologi dan kedokteran. Kami telah beroperasi selama 32 tahun dan dengan bangga menyediakan layanan terbaik dalam industri kami," ujarnya.

Kerja sama ini dipandang sebagai tonggak penting dalam perjalanan UIN Alauddin Makassar untuk terus mengembangkan potensi riset dan meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan.

Baca juga: UIN Alauddin terima 1.173 mahasiswa baru jalur SPAN PTKIN
Baca juga: Mahasiswa UIN Alauddin presentasi IC-ESSU di Filipina
Baca juga: UIN Makassar-OUM Malaysia kerja sama tridharma perguruan tinggi

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023