Singapura (ANTARA) - Dolar AS secara luas menguat di sesi Asia pada Senin sore, karena kekhawatiran atas inflasi muncul kembali setelah pengumuman mengejutkan oleh produsen minyak utama untuk memangkas produksi lebih lanjut, dengan para pedagang bertaruh Federal Reserve mungkin perlu menaikkan suku bunga pada pertemuan berikutnya.

Pengumuman dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya, yang dikenal sebagai OPEC+, muncul setelah data pada Jumat (31/3/2023) menunjukkan belanja konsumen AS naik moderat pada Februari setelah melonjak pada bulan sebelumnya, dengan inflasi menunjukkan beberapa tanda pendinginan meski masih tinggi.

"Sementara meredanya risiko penularan yang lebih luas, perkembangan positif di China dan ekspektasi bahwa Fed mendekati akhir siklus pengetatan akan menjaga sentimen didukung secara luas, kenaikan harga minyak karena pemotongan produksi yang mengejutkan merupakan risiko baru terhadap inflasi," kata Christopher Wong, ahli strategi mata uang di OCBC di Singapura.

"Risiko inflasi baru menyiratkan pertarungan inflasi belum berakhir."

Euro turun 0,44 persen menjadi 1,0791 dolar, setelah menyentuh level terendah satu minggu di 1,0788 dolar, sementara yen Jepang melemah 0,46 persen menjadi 133,41 per dolar. Sterling turun 0,45 persen menjadi 1,2277 dolar. Dolar naik 0,32 persen terhadap franc Swiss.

Indeks dolar, yang mengukur mata uang AS terhadap enam mata uang lainnya, naik 0,078 persen menjadi 103,01, menembus 103 untuk pertama kalinya dalam seminggu.

Pemotongan pasokan OPEC+ menyebabkan kenaikan harga minyak lebih dari 6,0 persen pada Senin.

Pemotongan diumumkan bahkan sebelum pertemuan virtual panel para menteri OPEC+, yang mencakup perwakilan dari Arab Saudi dan Rusia, yang diperkirakan akan mempertahankan pemotongan 2 juta barel per hari (bph) yang sudah ada hingga akhir 2023.

Sebaliknya, produsen minyak pada Minggu (2/4/2023) mengumumkan pengurangan produksi lebih lanjut sekitar 1,16 juta barel per hari.

Imbal hasil obligasi pemerintah AS dua tahun, yang biasanya bergerak sejalan dengan ekspektasi suku bunga, naik 4,6 basis poin menjadi 4,108 persen. Imbal hasil pada obligasi pemerintah 10-tahun naik 2,9 basis poin menjadi 3,519 persen.

Pasar sekarang memperkirakan kemungkinan kenaikan suku bunga Fed sebesar seperempat poin pada Mei menjadi 61 persen dari 48 persen pada Jumat (31/3/2023). Namun, pada akhir tahun, ekspektasi ditetapkan untuk pemotongan sebesar 40 basis poin.

Laporan Jumat (31/3/2023) dari Departemen Perdagangan AS menunjukkan bahwa indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi naik 5,0 persen pada Februari dari tahun sebelumnya, turun dari kenaikan 5,3 persen pada Januari. Ukuran inflasi inti - dilihat sebagai ukuran yang lebih baik dari kenaikan harga-harga di masa depan - berada di bawah bayangan yang lebih rendah dari yang diperkirakan sebesar 4,6 persen.

Data tambahan juga menunjukkan sentimen konsumen AS turun untuk pertama kalinya dalam empat bulan pada Februari di tengah kekhawatiran resesi yang akan datang, meskipun dampak krisis perbankan tidak terdengar.

Ahli strategi Citi mengatakan kekhawatiran atas stabilitas keuangan memudar dan hambatan dari kredit yang lebih ketat kemungkinan akan lambat dan terbatas.

"Tetap saja, pengalaman baru-baru ini kemungkinan akan membuat Fed lebih berhati-hati dalam menaikkan suku bunga dan pasar lebih berhati-hati dalam menilai kebijakan hawkish," kata ahli strategi Citi dalam sebuah catatan, menambahkan mereka memperkirakan kenaikan 25 basis poin pada tiga pertemuan Fed berikutnya.

Dolar Australia yang sensitif terhadap risiko turun 0,30 persen menjadi 0,667 dolar menjelang pertemuan kebijakan berisiko tinggi dari bank sentral Australia minggu ini, dengan pasar bertaruh bank sentral akan bertahan pada suku bunga setelah 10 kenaikan suku bunga.

Kiwi turun 0,62 persen menjadi 0,622 dolar AS, persentase penurunan satu hari terbesar sejak 24 Maret.

Di pasar uang kripto, bitcoin terakhir turun 2,43 persen menjadi 27.703,00 dolar AS dan ethereum terakhir turun 2,27 persen menjadi 1.776,40 dolar AS.

Baca juga: OPEC+ umumkan pemotongan produksi mengejutkan, AS sebut tidak bijak
Baca juga: Harga emas jatuh 11,50 dolar terseret oleh "greenback" yang lebih kuat
Baca juga: Yuan tergelincir 88 basis poin menjadi 6,8805 terhadap dolar AS

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023