Untuk fungsional Tol Japek II Selatan ini disiapkan untuk arus balik Lebaran....
Jakarta (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyiapkan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan secara fungsional untuk arus balik Lebaran tahun 2023 ini berdasarkan diskresi kepolisian.

"Jasa Marga Grup menyiapkan beberapa ruas, salah satunya Tol Japek II Selatan segmen Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 km dimana pada saat Natal 2022 sudah kami fungsionalkan," kata Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana dalam konferensi pers di Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC) Jatiasih, di Bekasi, Senin.

Lisye menambahkan, nantinya juga akan ada opsi kedua terkait fungsional Tol Japek II Selatan, yakni segmen Sadang-Taman Mekar sepanjang 28,5 km yang masih disiapkan oleh Jasa Marga.

"Untuk fungsional Tol Japek II Selatan ini disiapkan untuk arus balik Lebaran dalam rangka menampung arus lalu lintas dari arah Bandung menuju Jakarta," katanya lagi.

Pemberlakuan fungsional Tol Japek II Selatan tersebut akan dilakukan berdasarkan diskresi dari pihak kepolisian, melihat kondisi lalu lintas di lapangan.

Selain Tol Japek II Selatan, Jasa Marga juga menyiapkan fungsional ruas Tol Solo-Yogyakarta sepanjang 6 km untuk arus balik dengan rute dari Gerbang Tol Colomadu sampai dengan akses masuk ke Jalan Nasional Solo-Yogyakarta.

"Kami juga nanti akan menyiapkan akses Km 99 di Tol Cipularang dan juga akses keluar darurat Km 149 di Tol Padaleunyi secara fungsional," kata Lisye.

Fungsional keempat ruas dan akses tol tersebut disiapkan oleh Jasa Marga untuk mengantisipasi apabila nantinya kapasitas volume lalu lintas di jalan tol tidak tertampung, dan diberlakukan sesuai dengan diskresi dari pihak kepolisian.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengusulkan 120 km ruas tol dapat difungsionalkan selama Lebaran 2023.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan, tidak semua ruas yang fungsional itu betul-betul fungsional 100 persen, ada ruas tol yang mungkin fungsional itu hanya pada siang hari.

Kemungkinan secara tahun ke tahun itu, kata Danang, adalah Tol Jakarta-Cikampek (Japek) Selatan. Lalu Tol Probolinggo sampai simpang susun atau interchange Genting, kemudian Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang diharapkan bisa membantu masyarakat menuju Bandara Kertajati.
Baca juga: Waskita siap fungsionalkan Tol Japek II Selatan Paket 3 jelang Lebaran
Baca juga: Kemarin, impor 107.900 ton gula hingga Japek II Selatan fungsional

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023