Bandung (ANTARA) - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengatakan Aplikasi Sapawarga sudah dipakai dan dimaksimalkan salah satunya sebagai aplikasi tiket masuk ke Galeri Rasulullah SAW, di Masjid Raya Al Jabar (MRAJ), Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat.

"Kalau mau pesan tiket masuk ke Galeri Rasulullah, kini bisa lewat Sapawarga," kata Sekda Setiawan pada rapat evaluasi mingguan Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung, Senin.  

Berdasarkan perhitungan Diskominfo Jawa Barat, kata dia, sebanyak 41 persen pengunjung Masjid Raya Al Jabbar merupakan kalangan muda dengan rentan usia sekitar 25 -34 tahun.

Dasboard publik yang menginformasikan jumlah pengunjung pun akan segera terpampang di kawasan Masjid Raya Al Jabbar.  

Sekda ingin pengunjung semakin teredukasi agar dapat berpartisipasi menjaga ketertiban, kenyamanan, dan kebersihan di Masjid Raya Al Jabar (MRAJ).

Sejalan itu, Sekda inginkan aktivitas yang dilaksanakan di masjid raya kebanggaan warga Jabar yang berlokasi di kawasan Cimincrang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, tersosialisasikan dengan baik.

Dengan begitu masyarakat dapat mengetahui berbagai kegiatan sebagai upaya memakmurkan masjid, yang berlangsung di Masjid Raya Al Jabbar.

Demikian pula fasilitas seperti Galeri Rasulullah yang baru dibuka, ruang edukasi, dan lainnya turut tersosialisasikan kepada masyarakat.

"Bagaimana aktivitas masjid tersosialisasikan dengan baik, terutama edukasinya. Misalnya ceramah dzuhur, ashar sudah bisa ditayangkan. Terus konten-konten diputar terus," kata dia.

"Saya berharap aktivitas itu yang tergambarkan oleh warga bukan hanya warga sini tapi juga bisa kemana-mana," tambahnya.

Sekda juga meminta infrastruktur penunjang aktivitas digital harus terus ditingkatkan, seperti wifi gratis dan fasilitas lain. Kemudian agar alur laju kegiatan di Masjid Raya Al Jabbar diatur sedemikian rupa supaya lancar.

"Ruangan- ruangan kita ditata biar flow-nya bagus," kata Setiawan.

Misalnya di suatu titik atau ruangan untuk sarana kesehatan. Lalu ruangan mana yang tepat untuk sekretariat. Begitu pun ruangan -ruangan lainnya.

"Tidak bisa di mana saja karena hubungannya dengan flow atau aliran," ujar Setiawan.

Baca juga: Ridwan Kamil harap Galeri Rasulullah jadi kebanggaan masyarakat

Baca juga: Tiket Galeri Rasulullah di Masjid Al Jabbar gratis sementara waktu

Baca juga: Masjid Raya Al Jabbar sediakan 4.000 takjil gratis

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023