Keberadaan Galeri Rasulullah SAW ini juga bisa membantu tenaga pendidik terkait pengetahuan tentang sejarah Islam
Bandung (ANTARA) -
Ustadz Abdul Somad (UAS) mengaku terkesima dengan keberadaan Galeri Rasulullah Muhammad shallallahu alaihi wasallam (SAW) yang berada di Masjid Raya Al Jabbar, Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat.

"Keberadaan Galeri Rasulullah SAW ini juga bisa membantu tenaga pendidik terkait pengetahuan tentang sejarah Islam," katanya di Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung, Ahad (18/6) 2023.

Menurut UAS, masyarakat yang mengunjungi galeri tersebut akan mendapatkan pengetahuan tentang sejarah Nabi Muhammad SAW dalam waktu singkat.
 
"Ini menceritakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari sejak lahir di tahun gajah sampai beliau wafat sampai Islam ke nusantara. Jadi untuk perjalanan 1444 tahun itu kami lewati hanya dalam beberapa menit saja," kata UAS.

"Jadi tadi di dalam (galeri) saya berpikir, guru-guru sekolah tinggal bawa anak santri, anak murid langsung sekali jalan bisa belajar sirah mengenalkan Nabi Muhammad SAW," katanya.
 
Keberadaan Galeri Rasulullah SAW, katanya,  juga bisa membantu tenaga pendidik terkait pengetahuan tentang sejarah Islam.
 
"Jadi tadi di dalam (galeri) saya berpikir, guru-guru sekolah tinggal bawa abnak santri, anak murid langsung sekali jalan bisa belajar Sirah mengenalkan Nabi Muhammad SAW," katanya.
 
Sebelumnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama UAS usai melaksanakan shalat Subuh berjamaah lalu engunjungi Galeri Rasulullah SAW di Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung.
 
Gubernur menyatakan pembangunan Masjid Raya Al Jabbar memiliki dua tujuan, yakni sebagai tempat ibadah dan menyiarkan pendidikan tentang sejarah masuknya Islam ke nusantara melalui Galeri Rasulullah SAW.
 
"Saya mengucapkan jazakallah, terima kasih, kehadiran UAS didampingi Kiai Jujun Junaedi. Memang tujuan dari Masjid Raya Al Jabbar ini dua. Satu sebagai tempat ibadah, kedua tempat pendidikan," kata dia.
 
"Kami memilih materi pendidikannya Sirah Rasulullah sejarah dengan selengkap-lengkapnya dengan cara hari ini menggunakan teknologi. Semua sangat lengkap dari sumber yang kita kaji," tambahnya.
 
Gubernur juga tidak henti-henti mengajak seluruh masyarakat Jawa Barat untuk mengunjungi Galeri Rasulullah SAW, terutama di masa liburan mendatang bersama anak-anak.
 
"Setelah ini, silakan dimanfaatkan agar umat Islam, khususnya anak-anak, generasi muda, memahami lebih kafah, lebih luar biasa, tentang perjalanan Islam," demikian Ridwan Kamil.

Baca juga: Disertai vaksinasi, UAS tabligh akbar di "Pulau Seribu Masjid" NTB

Baca juga: Ustadz Abdul Somad tausiah di Masjid Baiturrahmah, jamaah membludak

Baca juga: Masjid At-Tohiriyah Bogor sambut Ustadz Abdul Somad

Baca juga: Ustadz Abdul Somad silaturahmi bersama sivitas akademika Unhas

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023