Ambon (ANTARA) - Ustadz Dr Abdul Somad (UAS) mendorong warga Muslim di Kota Ambon, Maluku, menghormati dan memuliakan Al Quran dengan menghafal dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

UAS saat menghadiri khatam Al Quran yang diselenggarakan Yayasan Ar Rahmah Ambon, mengatakan warga Muslim harus meningkatkan kualitas kehidupan spiritual dengan menghafal Al Quran. "Itu cara kita memuliakannya,” kata UAS di Ambon, Ahad.

Ia menggarisbawahi pentingnya hafalan Al Quran sebagai bentuk ibadah yang mendalam dan sebagai pedoman hidup. Menurutnya, program pembelajaran Al Quran penting bagi masyarakat dan perlu memfasilitasinya secara bersama-sama.

UAS mengapresiasi ratusan warga di Ambon, yang turut berpartisipasi dalam acara khatam Al Quran. Partisipasi ini sebagai bentuk menghormati dan memuliakan kitab suci umat Islam.

Baca juga: UAS dan Wali Kota Banjarbaru serahkan beasiswa bagi 24 santri ke Mesir

Baca juga: Bertemu UAS, Anwar Ibrahim sebut dai dan ulama lengkapi umara


“Bagaimana cara menghormati dan memuliakannya, ada di Ar Rahmah Ambon. Tapi di Ambon saya melihat mereka sudah mulai memuliakan Al Quran,” ujarnya .

Sementara itu, Ketua Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) Ar Rahmah Ambon, Fajar Sidiq Duila mengatakan ini menjadi kali kedua pihaknya menggelar khatam Quran.

“Hari ini kita khatam Quran yang kedua kali yang mana pertama kali diselenggarakan di hotel di Ambon dan kedua kali ini di hotel berbeda juga di Ambon,” kata Fajar.

Tujuan gelaran khatam Quran dengan menghadirkan UAS agar memotivasi anak-anak yang lain untuk semangat dalam menghafal Quran.

Selain itu, anak-anak juga lebih giat dalam membaca dan menghafal Al Quran. “Kali ini ada 11 anak yang berhasil khatam Quran,” kata dia.*

Baca juga: Ustadz Abdul Somad terkesima dengan Galeri Rasulullah Masjid Al Jabbar

Baca juga: Ribuan warga ikuti Bukittinggi Bershalawat bersama UAS di Jam Gadang


Pewarta: Winda Herman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023