Jakarta (ANTARA) - Rumah Sakit (RS) Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta berhasil meraih penghargaan di tingkat internasional untuk kategori rumah sakit khusus yakni Specialty Hospital of the Year pada tahun 2023.  

“Penghargaan kategori speciality hospital dimenangkan berkat upayanya dalam mengatasi tantangan dan memberikan dampak luar biasa bagi pasien terutama di bidang pelayanan jantung,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Kunta Wibawa Dasa Nugraha dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Kunta menyebutkan penghargaan diberikan melalui pergelaran The Healthcare Asia Award pada Rabu (29/3) di Singapura. Penghargaan yang diterima itu merupakan ketiga kalinya RS Jantung Harapan Kita mendapatkan pengakuan di level internasional.

Penghargaan yang diberikan dalam The Healthcare Asia Award, bertujuan untuk mengapresiasi rumah sakit, klinik, dan penyedia layanan kesehatan lainnya yang inovatif dan berinisiatif melayani pasien dengan lebih baik serta melindungi pegawainya di masa sulit seperti pandemi COVID-19.  

Kunta membeberkan penilaian bagi setiap rumah sakit yang menjadi kandidat pada tahun ini, dinilai langsung oleh panel ahli di industri kesehatan yang terdiri dari Chris Hardesty, Pureland Venture Partner, Abhay Bangi, Ernst & Mitra Muda, Dr Stephanie Allen, Deloitte Global & Australian Health Leader, Partha Basumatary, Kepala Grup Konsultan Boston, dan Guillaume Sachet KPMG Singapore Head of Healthcare and Life Sciences.  

Lebih lanjut Kunta mengatakan sebelum penghargaan ketiga diterima RS Jantung Harapan Kita, secara resmi telah menerima penghargaan di tiga kategori lain seperti Service Delivery Innovation Initiative of the Year, Patient Care Initiative of the Year, dan Specialty Hospital of the Year pada tahun 2020 lalu.

Kemudian pada 2021 RS Jantung Harapan Kita berhasil meraih dua kategori lain yakni Tertiary Hospital of the Year dan Facilities Improvement Initiatives of the Year.

Pengakuan tersebut, kata Kunta, harus bisa dijadikan contoh dan membuat tiap rumah sakit semangat untuk terus berinovasi dalam menyediakan layanan kesehatanya, terutama saat negara mulai pulih dari pandemi COVID-19.

“Beberapa tahun terakhir telah membuktikan ketahanan industri kesehatan, kemampuan melayani pasien dengan lebih baik, dan melindungi karyawan dapat berhasil melewati masa pandemi,” katanya.

Dalam kesempatan itu Kunta berpesan agar industri kesehatan, harus mampu memberikan perawatan berkualitas kepada pasien dan membuat langkah signifikan sambil mengatasi tantangan penyakit yang akan datang.

"Rumah sakit harus mampu berinovasi dalam memberikan pelayanan optimal kepada pasien. Hal ini telah dicapai oleh RS Jantung Harapan Kita dan semoga lebih maju lagi kedepannya," ujar Kunta.

Baca juga: "Ventricle building" RS Jantung Harapan Kita diresmikan Wamenkes

Baca juga: RS Jantung Harapan Kita kenalkan layanan transplantasi jantung

Baca juga: Kemenkes sebut 13 UU "eksisting" terdampak RUU Kesehatan


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023