Jakarta (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) mengungkapkan kegiatan ekonomi warga Kepulauan Seribu semakin didukung dengan ketersediaan akses ke lembaga keuangan.

Dalam kaitan itu, BI melaksanakan "Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2023" di Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta.

Kegiatan tersebut ditandai dengan keberangkatan Kapal Bahtera Seva Teras Bank Rakyat Indonesia (BRI) 1 dari Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara, Senin.
 
Untuk meningkatkan akses warga Kepulauan Seribu ke lembaga keuangan, BI selama ini bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Antara lain terkait penukaran uang baru pada kas keliling terpadu pada bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri.

Baca juga: BI telah edarkan Rp42,6 triliun uang baru hingga 31 Maret 2023
 
Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Ameriza M Moesa saat ditemui wartawan di Pelabuhan Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (3/4/2023). ANTARA/Abdu Faisal/aa.
Pada saat tim dari BI tiba di Kepulauan Seribu, aparat pemda langsung menginformasikan kepada masyarakat yang membutuhkan penukaran uang lusuh dengan kualitas uang yang baik.
 ​​​​​​
"Berdasarkan data yang kami dapatkan dari BRI, BRI Regional III setiap minggu dapat menarik uang sekitar Rp1,5 miliar," kata Direktur Departemen Pengelolaan Uang BI Ameriza Moesa.

Regional Operation Head BRI III Amin Teguh Prayitno mengatakan, Kapal Bahtera Seva Teras BRI terus memfasilitasi masyarakat Kepulauan Seribu mengakses tabungan. Pada waktu yang sama juga dapat memberikan akses kredit kepada masyarakat Kepulauan Seribu.

Kapal Bahtera Seva Teras BRI 1 dapat menarik simpanan dari warga Kepulauan Seribu sebanyak Rp10,3 miliar. Kemudian total pinjaman yang disalurkan BRI sebanyak Rp22,11 miliar.

"Sehingga kita harus support pengedaran uangnya. Jangan sampai nanti ekonomi berjalan di sana tapi kualitas uang kurang baik. Itu bisa menghambat kualitas ekonomi di sana," kata Amin.

Baca juga: BI DKI bangkitkan wisata di Pulau Seribu
Regional Operation Head BRI III Amin Teguh Prayitno. ANTARA/Abdu Faisal/aa.

Kapal Bahtera Seva ini merupakan salah satu unit operasional BRI di DKI Jakarta III yang mencakup Jakarta Barat, Banten dan Kalimantan Barat.

Kapal Bahtera Seva Teras BRI di Indonesia hanya ada empat. Yang pertama di Kepulauan Seribu, kedua ada di Labuan Bajo, ketiga ada di Halmahera Selatan dan empat di Kepulauan Anambas di Riau.

Ke depan, BRI akan mengajak masyarakat agar lebih banyak lagi untuk beralih melakukan transaksi secara non tunai (cashless) di Kepulauan Seribu.

Berikut jadwal layanan penukaran pecahan uang kepada masyarakat di Kepulauan Seribu:

Senin, 3 April 2023 di Jalan Jembatan Cinta, Kantor Kelurahan Pulau Tidung mulai pukul 13.00 WIB.

Selasa, 4 April 2023 di Jalan Dermaga Pulau Harapan, RT 02 RW 02 Kelurahan Pulau Harapan mulai pukul 09.00 WIB.

Selasa, 4 April 2023 di Lapangan Voli RT 06 RW 07 Kelurahan Pulau Kelapa mulai pukul 13.00 WIB.

Rabu, 5 April 2023 di Pulau Pramuka, Jalan Ikan Baracuda, RT 07 RW 03 Kelurahan Pulau Panggang mulai pukul 09.00 WIB.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023