Banyak dirut BUMN yang lama yang punya integritas dan antusiasmenya bagus. Misalnya, Pak Lino walau saya bukan yang angkat dia, tetapi dia bagus. Jonan pasti bagus, serta Pak Tommy juga bagus,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri BUMN Dahlan Iskan memberikan pujian kepada tiga direktur utama (Dirut) BUMN, yakni Dirut PT Pelindo II Persero R.J Lino, Dirut PT KAI Persero Ignasius Jonan, serta Dirut PT Angkasa Pura I Persero Tommy Soetomo.

Pujian Dahlan itu diberikan kepada ketiga dirut BUMN tersebut karena mereka diyakini memiliki integritas dan antusiasme dalam memimpin perusahaan.

"Banyak dirut BUMN yang lama yang punya integritas dan antusiasmenya bagus. Misalnya, Pak Lino walau saya bukan yang angkat dia, tetapi dia bagus. Jonan pasti bagus, serta Pak Tommy juga bagus," tutur Dahlan pada acara Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi di Jakarta, Rabu.

Dahlan menambahkan, beberapa dirut BUMN yang sudah ada sebelum masa kepemimpinannya juga memiliki integritas dan antusiasme yang baik. Namun, ia enggan mengungkapkan identitas para pimpinan BUMN itu.

"Ada beberapa lagi yang memenuhi syarat tersebut dan saya simpulkan termasuk dalam golongan tersebut, walau bukan diangkat pada zaman saya," imbuhnya.

Dahlan menggarisbawahi dirut BUMN yang belum habis masa jabatannya akan dievaluasi. Hal ini dilakukan untuk mencari calon pemimpin perusahaan BUMN yang memiliki integritas dan antusiasme agar perusahaan yang dipimpinnya maju.

Dahlan juga mengklaim dirut BUMN yang diangkat pada masanya sudah memiliki kriteria tersebut. Pasalnya, beberapa dirut tersebut sudah melalui uji kelayakan dan kepatutan, memiliki rekam jejak yang baik, serta pengakuan dari lingkungan.

"Dirut-dirut BUMN yang baru-baru itu saya anggap semuanya sudah memiliki integritas karena semua sudah kita saring sedemikian," tegasnya.

Adapun beberapa dirut BUMN yang diangkat Dahlan Iskan, antara lain Direktur Utama PT Merpati Nusantara Airlines Rudy Setyopurnomo, Dirut PT Kertas Leces Persero Budi Kusmarwoto, Dirut PT Timah Tbk Soekrisno, Dirut PT Jasa Marga Tbk Adityawarman, Dirut Perum LKBN Antara Saiful Hadi, dan Dirut PT Bukit Asam Tbk Milawarma.

(KR-SSB/B008)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012