Ekspansi di daerah luar Jawa dengan rencana membangun 200 teras dan kantor BRI unit di beberapa kawasan di luar Jawa yang potensi ekonominya bertumbuh cukup tinggi,"
Manado (ANTARA News) - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk akan fokus melakukan ekspansi ke luar Jawa dalam upaya mendorong pertumbuhan hingga mencapai hingga 22 persen pada 2013.

"Ekspansi di daerah luar Jawa dengan rencana membangun 200 teras dan kantor BRI unit di beberapa kawasan di luar Jawa yang potensi ekonominya bertumbuh cukup tinggi," kata Direktur Utama PT BRI (Persero) Tbk, Sofyan Basir di sela pengarahan kepada pegawai BRI se Kanwil Manado, Rabu.

Sofyan mengatakan, pembukaan teras dan BRI Unit akan diarahkan ke kawasan sentra ekonomi untuk mendorong pertumbuhan BRI sendiri,juga membantu pertumbuhan sektor riil.

Guna mendukung keberhasilan rencana ekspansi BRI, kata Sofyan, pada 2013 akan merekrut sekitar 5.000 pegawai baru untuk ditempatkan di teras dan BRI unit yang akan dibangun pada tahun tersebut.

Sumber daya manusia(SDM) yang akan direkrut tersebut, kata Sofyan sebagian besar akan diarahkan untuk mendukung marketing.

"Tenaga support secara perlahan mulai dialihkan ke teknologi, karena itu tambahan pegawai baru akan lebih difokuskan membantu pemasaran," kata Sofyan.

Corporate Secretary PT BRI, Muhammad Ali, mengatakkan, hingga saat ini BRI memiliki sekitar 98 ribu karyawan di seluruh Indonesia, mereka bekerja membantu pelayanan kepada sekitar 36 juta nasabah BRI yang tersebar di 18 kantor wilayah yang ada di Indonesia.

Dengan ekspansi jaringan serta penguatan SDM, maka diharapkan pertumbuhan BRI berkelanjutan dan berkualitas, dengan demikian diharapkan bank ini dapat memberi peran penting dalam upaya mendorong pertumbuhan nasional secara keseluruhan.
(G004/N002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012