Pemkot Jayapura sudah menganggarkan kepada 25.000 masyarakat pekerja miskin di wilayah ini pada 2023.
Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua masuk nominasi penghargaan Paritrana Award 2023 atas penyelenggaraan jaminan sosial terbaik nasional.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jayapura Papua Haryanjas Pasang Kamase, di Jayapura, Selasa, mengatakan selain Kota Jayapura ada 10 kabupaten/kota di Indonesia yang juga masuk nominasi penghargaan Paritrana Award 2023, yakni Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Jember, dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Kemudian Kota Tarakan, Kabupaten Morowali, Kota Manado, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kabupaten Bengkalis, dan Kota Ambon," katanya pula.

Menurut Kamase, Kota Jayapura masuk dalam nominasi penghargaan Paritrana Award 2023 dikarenakan sudah menganggarkan melalui APBD untuk perlindungan masyarakat rentan atau pekerja miskin.

"Jadi salah satu upaya untuk pengentasan kemiskinan ekstrem Pemkot Jayapura sudah menganggarkan kepada 25.000 masyarakat pekerja miskin di wilayah ini pada 2023," ujarnya lagi.

Dia menjelaskan, Pemkot Jayapura juga telah berkomitmen untuk dilakukan pada tahapan selanjutnya pada 2024.

Ia mengatakan salah satu syarat yang membuat Pemkot Jayapura masuk dalam nominasi itu adalah adanya perlindungan yang dilakukan kepada masyarakat rentan di kampung yang dilindungi melalui dana desa yang berjumlah sekitar 1.700 pekerja rentan.

"Kemudian kepada seluruh non aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Jayapura yang sudah terlindungi perlindungan jaminan sosial sekitar 2.000 tenaga kerja," katanya lagi.

Dia menambahkan tolok ukur untuk masuk dalam nominasi juga dihitung dari implementasi Instruksi Presiden kepada bupati dan wali kota untuk mendaftarkan seluruh non ASN untuk dijamin dalam perlindungan sosial ketenagakerjaan.

"Kemudian menyiapkan anggaran di APBD untuk perlindungan masyarakat miskin yang telah dianggarkan Pemkot Jayapura pada 2022 sebanyak 22.300 pekerja rentan yang terlindungi jaminan sosial," ujarnya lagi.

Selain itu, kata dia, pada 2023 Pemkot Jayapura juga telah memberikan perlindungan sebanyak 25.000 pekerja miskin dalam upaya pengentasan kemiskinan sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022.

Penjabat Sekretaris Daerah Kota Jayapura Robby Awi mengatakan pihaknya telah berkomitmen untuk mendaftarkan semua tenaga kerja di daerah itu untuk mendapatkan perlindungan sosial menggunakan APBD dan juga melalui program CSR dari perusahaan setempat.

"Dalam APBD perubahan 2023 juga sudah dianggarkan dan nanti dalam APBD 2024 akan dianggarkan untuk menjamin semua tenaga kerja yang ada di Kota Jayapura bisa terlindungi," katanya lagi.

Pemkot Jayapura telah melakukan wawancara bersama panitia penghargaan Paritrana Award 2023 via zoom meeting pada hari ini.
Baca juga: Bone Bolango raih terbaik 1 anugerah Paritrana Award tingkat provinsi
Baca juga: BPJAMSOSTEK dan DKI Jakarta beri Paritrana Award 2022 tingkat provinsi

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023