Denpasar (ANTARA) - Ketua DPD Partai Gerindra Bali Made Muliawan Arya mendukung kreativitas seniman lukis kopi dari Kabupaten Buleleng, selain selama ini pihaknya juga aktif mendukung masyarakat dalam kegiatan politik, sosial, dan olahraga.

"Apa yang kami lakukan, berdasarkan hati nurani untuk membantu rakyat yang membutuhkan bantuan, termasuk para seniman di Bali. Pak Prabowo berpesan agar kita jangan pelit saat membantu rakyat," kata Muliawan di Denpasar, Selasa.

Pria yang akrab disapa De Gadjah ini menyampaikan hal tersebut saat menerima kedatangan Putu Arimbawa, seniman lukis dengan bahan bubuk kopi, asal Singaraja, Kabupaten Buleleng.

Putu Arimbawa datang langsung dari Singaraja, untuk menyerahkan lukisan kopi karyanya kepada De Gadjah. Lukisan foto De Gadjah tersebut dibuat dari bahan bubuk kopi asli Buleleng.

"Lukisan ini dibuat dari bahan bubuk kopi agar berbeda dari karya lukis pada umumnya. Lukisan menjadi unik karena dibuat dari bahan bubuk atau ampas kopi yang biasanya dibuang setelah minum kopi," ujar Arimbawa.

Pembuatan lukisan dari bahan kopi ini, kata Arimbawa, memiliki tingkat kesulitan tersendiri dan membutuhkan kesabaran. Bubuk kopi yang digoreskan di atas kanvas, tidak bisa langsung melekat seperti penggunaan cat minyak atau akrilik.

"Memang agak susah melukis dengan bubuk kopi ini, harus ekstra sabar agar hasilnya bagus," ujar pria asal Banjar Jawa Singaraja itu.

Setelah menyerahkan lukisan kepada De Gadjah, Arimbawa kembali menerima pesanan untuk membuat lukisan kopi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Astungkara, saya kembali mendapat pesanan untuk membuat lukisan kopi Pak Prabowo. Terima kasih untuk Pak De Gadjah yang sudah mau peduli pada seniman seperti saya ini," ujarnya.

De Gadjah menambahkan, apa yang dilakukannya berdasarkan hati nurani untuk membantu rakyat yang membutuhkan bantuan, termasuk untuk para seniman di Bali.

"Pak Prabowo juga berpesan, kalau tidak bisa menolong banyak orang, tolong beberapa orang. Kalau tidak bisa menolong beberapa orang, tolonglah satu orang. Kalau tidak bisa menolong satu orang, jangan membuat rakyat susah," ucapnya.

Selain itu, para kader Gerindra diminta agar mempunyai jiwa ikhlas dan jujur saat bekerja memperjuangkan nasib rakyat.

Semua pesan itu kemudian diteruskan De Gadjah kepada segenap kadernya di Bali agar bisa senantiasa dekat dengan masyarakat.

"Pesan Pak Prabowo, buatlah rakyat selalu tersenyum. Caranya, harus hadir pada saat rakyat membutuhkan bantuan," kata pria yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar ini.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023