operasi pasar sembako ini akan kita laksanakan di empat lokasi atau kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong yang jauh dari perkotaan
Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong Provinsi Bengkulu menyiapkan empat lokasi pasar murah sembilan bahan kebutuhan pokok (sembako) menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah di daerah itu.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Kabupaten Rejang Lebong, Upik Zumratul Aini di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan pasar murah tersebut dilakukan untuk menstabilkan harga sembako yang biasanya mengalami kenaikan mendekati lebaran.

"Pasar murah atau operasi pasar sembako ini akan kita laksanakan di empat lokasi atau kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong yang jauh dari perkotaan," kata dia.

Dia menjelaskan empat kecamatan yang akan menjadi lokasi pasar murah pada bulan Ramadhan ini meliputi Kecamatan Bermani Ulu, Sindang Dataran, Sindang Beliti Ulu dan Kecamatan Sindang Beliti Ilir.

Kegiatan pasar murah tersebut, kata dia, dilaksanakan di kecamatan terjauh dari perkotaan supaya bisa membantu masyarakat masing-masing kecamatan dalam mendapatkan sembako murah dan bisa menghemat biaya perjalanan jika mereka mau berbelanja ke kota.

"Untuk wilayah Kecamatan Bermani Ulu sudah kami laksanakan pada Jumat, 31 Maret 2023, sedangkan untuk tiga kecamatan lainnya dilaksanakan secara bergiliran setiap minggunya," terang dia.

Baca juga: Pemprov Bengkulu menggelar pasar murah di Rejang Lebong

Pada kegiatan pasar murah ini pihaknya bekerja sama dengan sejumlah pihak terkait mulai dari Dinas Ketahanan Pangan, TP PKK Rejang Lebong, Perum Bulog Rejang Lebong serta beberapa distributor sembako di Kabupaten Rejang Lebong.

Adapun bahan pokok yang dijual pada pasar murah ini antara lain beras kualitas medium dan premium, minyak goreng kemasan, terigu, gula pasir, telur dan beberapa bahan kebutuhan lainnya.

"Harga yang kita berikan lebih murah, karena yang kita datangkan adalah distributornya langsung. Untuk itu masyarakat dari masing-masing kecamatan bisa mendatangi lokasi pasar murah yang telah kami jadwalkan," demikian Upik.

Baca juga: DPRD: Tanaman aren komoditas unggulan Rejang Lebong

Baca juga: Rejang Lebong terima bantuan bibit kunyit 7,5 ton dari Kementan

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023