Kami butuh pemain yang tidak hanya bisa bermain basket tetapi..
Jakarta (ANTARA News) - Sekolah basket dengan lisensi Amerika Serikat, The National Basketball Academy (TNBA), akan segera hadir di Indonesia sekaligus yang pertama di Asia.

"Ini ada wujud semangat kami memajukan basket Indonesia. TNBA adalah akademi basket berstandar internasional--bukan klub basket--, yang menampung siapa saja baik dari pemula maupun profesional," kata Managing Partner TNBA Indonesia, Dony Munaf saat jumpa pers di Jakarta, Kamis.

Menurut Dony, yang membedakan TNBA dengan akademi pelatihan basket lainnya yakni para siswa nantinya tidak hanya mempelajari teknik basket tetapi karakter (mental)-nya juga dibentuk.

Hal senada diungkapkan Co-founder TNBA, Shane Kline-Ruminski, bahwa TNBA yang dibentuk pada tahun 2003 itu juga menekankan pada pembentukan karakter.

"Kami butuh pemain yang tidak hanya bisa bermain basket tetapi memiliki jiwa kepemimpinan, sehingga mereka tidak hanya sukses di lapangan tetapi juga di kehidupan nyata," ujar Shane.

TNBA merupakan organisasi profesional yang memberikan pelatihan olahraga bola basket dengan modul dan kurikulum yang komprehensif untuk membentuk talenta muda berkualitas sekelas talenta liga dunia. Modul dari Amerika Serikat tersebut menjadi bekal untuk pelatihan sekitar enam bulan hingga satu tahun.

Meskipun tipikal pemain Indonesia jelas berbeda dengan pemain Amerika Serikat, lanjut Shane, tetapi itu akan menjadi tantangan tersendiri untuk meningkatkan kualitas permainan terutama talenta-talenta muda.

Untuk itu, TNBA telah menunjuk Justin Wingard sebagai penanggungjawab pengembangan program di Indonesia. Justin merupakan lulusan Lynn University yang telah menjadi pemain profesional di Irlandia, Jerman, Italia, Spanyol, dan Uruguay.

Selama dua tahun, ia telah melatih lebih dari 150 atlet di Orlando, Florida, dimana salah satu atlet didikannya berhasil berprestasi di NBA.

"Fokus saya dalam melatih talenta muda dengan melatih teknik permainan dan mengasah mental lapangan. Dari pengalaman saya, pembentukan mental memiliki peranan penting dalam mengendalikan emosi dan fokus," ujar Justin.

TNBA akan membuka cabang di Kemang dan Pondok Indah untuk level beginner, advanced, dan elite dengan program dasar hingga modifikasi untuk atlet profesional.

(M047)

Pewarta: Monalisa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012