"Tujuannya tentu membantu meringankan masyarakat, itu yang pertama,"
Karawang (ANTARA) - Polres Kabupaten Karawang menyediakan mudik gratis dengan kuota sebanyak 500 orang untuk masyarakat yang akan pulang kampung pada lebaran tahun ini.

"Tujuannya tentu membantu meringankan masyarakat, itu yang pertama," kata Kasatlantas Polres Karawang, AKP La Ode Habibi Ade Jama, di Karawang, Rabu.

Selain itu, alasan lain digelar mudik gratis lebih awal ialah untuk mengurangi arus lalu lintas kendaraan di jalur mudik lebaran tahun ini.

Ia mengatakan kalau mudik gratis ini juga disiapkan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Sebab, jika dilihat pada musim mudik sebelumnya, fatalitas kecelakaan meningkat saat mudik.

"Mudik gratis ini lebih aman dari pada bawa kendaraan sendiri. Jadi naik bis, ngantuk bisa tidur, istirahat. Naik bis juga lebih aman daripada jauh-jauh naik sepeda motor, ini kesempatan baik bagi masyarakat, silahkan datang langsung ke Polres untuk mendaftar mudik gratis," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya menyediakan kuota untuk 500 warga Karawang dalam program mudik gratis, dengan rute Karawang-Semarang via jalur utara.

Tujuannya dari Karawang menuju terminal Cirebon di Jawa Barat dan Terminal di Semarang Jawa Tengah melalui jalur Pantura.

Disebutkan kalau pendaftaran mudik gratis di Polres Karawang ini sudah dibuka. Syaratnya hanya cukup membawa KTP, bisa langsung mendaftar di lantai 3 ruang pelayanan Satlantas Polres Karawang.

Hingga kini, sudah 50 persen warga Karawang mendaftar untuk ikut mudik gratis.

"Sejak dibuka awal pekan lalu, sampai sekarang sudah 50 persen kursi terisi," kata Habibi.

Menurut dia, pendaftaran mudik gratis ini hanya akan ditutup sehari sebelum keberangkatan pada 12 April 2023. Jadi masih ada kesempatan bagi masyarakat untuk mendaftar mudik gratis.

"Pemberangkatan mudik gratis ini tanggal 13 April. Jadi tanggal 12-nya susah ditutup untuk pendaftarannya," kata dia. 

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023