Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyerahkan zakat prajurit TNI tahun 2021-2022 senilai Rp6.667.528.938 kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Selain penyerahan zakat, Panglima TNI bersama Kasad, Kasal, dan Kasau juga melaksanakan pembayaran zakat kepada Baznas.

"Pagi hari ini kami berada di Gedung Denma Mabes dalam rangka melaksanakan zakat dari Baznas," kata Yudo di Jakarta, Rabu.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memfasilitasi layanan bagi para prajurit dan PNS di lingkungan Markas Besar (Mabes) TNI dalam menunaikan zakat, infak, dan sedekah Ramadan 1444H.

Yudo mengatakan, potensi zakat di lingkungan TNI sangat besar. Karena itu menurut dia, pelaksanaan zakat dilakukan secara terpusat melalui Baznas yang merupakan lembaga resmi negara.

"Karena Baznas adalah lembaga zakat yang sah (dari) negara. Manfaat Baznas digunakan juga untuk kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat," ujar Yudo.

Dia menyampaikan, TNI tidak menetapkan target zakat tertentu karena prajurit memiliki kesadaran sendiri namun koordinasi tetap dilakukan.

"Tentunya juga tidak bisa kita paksa karena zakat 'kan kesadaran masing-masing. Tapi saya kira, prajurit TNI dari dulu sudah sadar untuk membayar zakat," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Baznas Noor Achmad membenarkan bahwa potensi zakat di lingkungan TNI sangat besar yaitu senilai Rp1,1 triliun. Menurut dia, potensi zakat yang besar tersebut bisa dimaksimalkan penggunaannya.

"Kajian kami, itu potensi zakatnya Rp1,1 triliun, mudah-mudahan bisa dicapai. Banyak program yang bisa dikerjakan, misalnya TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD), bedah rumah, kampung bahari, kita memberi bantuan kepada daerah-daerah perbatasan," kata Noor.

Noor mengatakan, Baznas berkomitmen untuk bertanggung jawab dalam pengumpulan zakat secara nasional, sesuai hukum islam dan perundang-undangan.

Dia berharap, zakat prajurit TNI yang diserahkan kepada Baznas dapat membawa berkah.

"Zakat TNI, TNI berzakat maka insyaallah, Allah akan menurunkan berkah yang luar biasa kepada TNI," katanya.

Baca juga: Panglima TNI Yudo Margono lepas Satgas Pamtas RI-PNG

Baca juga: BKKBN: Keterlibatan TNI amat penting untuk bangun bangsa berkualitas

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023