Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung menyiapkan sebanyak 78 posko kesehatan untuk melayani pemudik menjelang Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Di arus mudik dan arus balik Idul Fitri tahun ini telah disiapkan posko kesehatan, yang akan di taruh di beberapa lokasi seperti rest area Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dan simpul transportasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana di Bandarlampung, Rabu.

"Jadi 78 posko kesehatan yang disiapkan di berbagai titik ini akan menyediakan petugas yang siap berjaga, meliputi perawat, bidan, dokter, pengemudi ambulans, petugas promosi kesehatan dan surveilans," katanya.

Ia mengatakan bahwa posko kesehatan akan beroperasi selama 24 jam untuk melayani warga yang melakukan perjalanan mudik.

"Untuk setiap posko kesehatan akan ada enam orang petugas yang siap sedia di lokasi untuk memberi perawatan. Nanti akan dibagi jadi tiga pembagian jam kerja di masing-masing posko," kata dia.

Menurut dia, sebanyak 1.404 orang petugas akan dikerahkan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warga selama masa mudik dan balik Lebaran.

Ia mengatakan bahwa posko pelayanan kesehatan bagi pemudik akan dibuka dari 16 sampai 30 April 2023.

"Diharapkan dengan siapnya petugas serta segala fasilitas pendukung dapat memberikan kenyamanan kepada pemudik dalam melaksanakan perjalanan," katanya.

Baca juga:
3,8 juta warga Lampung diperkirakan mudik Lebaran tahun ini
Lampung instruksikan kabupaten bentuk Posko Lebaran 2023

 

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023