Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menginstruksikan kepada 15 kabupaten dan kota yang ada di wilayah itu untuk segera membentuk Posko Lebaran 2023.

"Dalam menghadapi Idul Fitri ini tolong kepada Bupati dan Walikota menyediakan Posko Mudik Lebaran," ujar Arinal Djunaidi, di Bandarlampung, Senin.

Baca juga: Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Madiun awasi pemberian THR pekerja

Ia mengatakan, pembentukan posko terpadu di kabupaten dan kota tersebut bertujuan untuk mengurangi terjadinya kendala dalam pelaksanaan mudik Lebaran 2023.

"Skenario antisipatif dalam menghadapi Idul Fitri yaitu dengan meningkatkan kesiapan sarana dan prasarana yang dapat diakses oleh masyarakat umum, yakni melalui posko terpadu. Disini juga nanti masyarakat bisa beristirahat saat kelelahan melakukan perjalanan," katanya.

Baca juga: Dishub Bantul siapkan posko lalu lintas sebelum-sesudah Lebaran 2023

Dia melanjutkan di dalam posko terpadu itu pun diharapkan ada fasilitas pelayanan kesehatan yang beroperasi 24 jam.

"Di posko terpadu ini harus ada layanan kesehatan untuk masyarakat juga, jadi Dinas Kesehatan harus mempersiapkan petugas dan alat," ucap dia.

Baca juga: Disnakertrans Papua Barat buka Posko Satgas THR Lebaran 2023

Menurut dia posko terpadu ini juga menjadi salah satu upaya meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat, dengan bekerjasama bersama TNI serta Polri.

"Peran aktif bersama juga sangat dibutuhkan untuk dapat menekan potensi gangguan ketenteraman dan ketertiban umum. Diharapkan semua bisa saling berkoordinasi menyukseskan penyelenggaraan Ramadhan dan Idul Fitri," katanya.

Baca juga: Posko pengaduan THR dibuka Disnakertrans Riau, fisik dan via medsos

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023