Jakarta (ANTARA) - Tradisi mudik Lebaran menjadi momen yang dinanti oleh masyarakat Indonesia untuk berkumpul bersama keluarga merayakan Hari Raya Idul Fitri, sehingga berbagai persiapan termasuk persiapan fisik dan stamina perlu dilakukan.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Inggrid Tania mengatakan dalam persiapan mudik, konsentrasi yang baik menjadi kunci utama, terutama bagi mereka yang akan berkendara sendiri menggunakan motor atau mobil, serta stamina yang dibutuhkan bagi yang akan naik angkutan umum.

“Kalau kita mau mudik tentu dibutuhkan konsentrasi yang baik, apalagi kalau menyetir sendiri dengan motor dan mobil, dibutuhkan juga stamina bagi yang naik angkutan umum. Jadi yang paling utama adalah konsentrasi, stamina, imunitas tubuh atau daya tahan tubuh,” kata dokter lulusan Universitas Indonesia tersebut kepada ANTARA, Jumat.

Baca juga: Dokter sarankan pakai kendaraan umum untuk mudik jarak jauh

Oleh karena itu, menurutnya terdapat ramuan herbal yang dapat diminum untuk meningkatkan stamina menjelang masa mudik, dapat diminum selama perjalanan mudik, dan bisa bermanfaat untuk menjalani aktivitas sehari-hari yang padat.

Tentu saja, tetap perlu memperhatikan pola makan yang sehat dan seimbang serta pastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi.

Ramuan herbal dinilai akan mampu membantu menjaga stamina dan menjaga tubuh tetap bugar selama masa mudik dan aktivitas sehari-hari yang padat.

Baca juga: Dokter berikan tips sehat selama mudik

“Ramuan untuk untuk stamina di masa menjelang mudik atau bisa kita minum juga saat kita mudik. Ramuan ini bermanfaat untuk aktivitas sehari-hari yang padat, tapi tentu saja tetap syarat utamanya diet sehari-hari, makan makanan bergizi lengkap dan seimbang, serta cukupi kebutuhan cairan,” ungkapnya.

Adapun, Inggrid membagikan salah satu contoh ramuan herbal penambah stamina dan daya tahan tubuh dapat berasal dari campuran kopi hitam murni, lengkuas, kayu manis, lada hitam, madu murni, dan jahe. 

Baca juga: Kiat jaga mental anak selama mengikuti perjalanan mudik

Baca juga: Lima hal yang harus disiapkan agar mudik aman dan nyaman


Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024