Jakarta (ANTARA) - Menjelang mudik Lebaran tahun ini, setidaknya terdapat lima hal yang harus disiapkan supaya perjalanan dan liburan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah berjalan lancar, aman dan nyaman.

Tokopedia, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin, membagikan lima hal yang harus disiapkan mulai dari kendaraan sampai menitipkan hewan peliharaan selama mudik.

1. Pastikan kendaraan pribadi dalam kondisi prima

Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan kendaraan pribadi dalam kondisi prima. Lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap berbagai komponen penting seperti oli mesin, tekanan ban, air radiator, dan sistem rem.

Hal tersebut penting untuk meminimalkan risiko kecelakaan di jalan selama perjalanan mudik. Selain itu, jangan lupa untuk membawa buku servis dan dokumen kendaraan yang lengkap sebagai persyaratan standar berlalu lintas.

Untuk membuat perjalanan mudik menjadi lebih nyaman, masyarakat juga bisa menambahkan kasur mobil agar dapat beristirahat di dalam mobil saat berhenti di rest area.

Baca juga: Jangan lupa pasang komponen ini di mobil sebelum mudik

2. Siapkan uang tunai dan saldo kartu uang elektronik

Pembayaran digital semakin menjadi andalan masyarakat saat melakukan transaksi. Di sisi lain, ada baiknya tetap menyiapkan uang tunai cadangan dan memastikan saldo kartu uang elektronik tetap terisi untuk beberapa tempat selama perjalanan mudik.

3. Titipkan hewan peliharaan pada orang terdekat

Bagi keluarga yang memiliki hewan peliharaan, maka ada baiknya melakukan persiapan apabila hewan peliharaan tersebut tidak dibawa pulang mudik.

Misalnya, titipkan hewan peliharaan di jasa penitipan hewan peliharaan di klinik atau pet shop terpercaya. Pilihan lainnya, yaitu menitipkan ke orang terdekat untuk menjaga hewan peliharaan.

Jangan lupa untuk menyiapkan obat-obatan, camilan kesukaan hewan peliharaan, dan produk perawatan kepada orang yang akan merawat hewan peliharaan selama mudik.

Baca juga: Pelni sediakan 100 tiket balik gratis untuk masyarakat NTT

4. Siapkan perlengkapan untuk kejadian yang tidak terduga

Perjalanan mudik membutuhkan kondisi fisik yang prima dari pemudik, juga kondisi kendaraan.

Untuk menjaga kesehatan fisik pemudik, dianjurkan membawa kotak P3K berisi obat anti mabuk, obat diare, obat demam, serta antiseptik pembersih luka dan perban. Sementara itu, untuk mengantisipasi kejadian tidak terduga pada kendaraan, siapkan perkakas seperti segitiga pengaman, dongkrak mobil, tang, serta kunci-kunci serep.

Pastikan pula untuk membawa charger dan power bank agar daya baterai ponsel dan perangkat elektronik lainnya tetap terjaga supaya pemudik bisa memanggil bantuan jika diperlukan.

5. Siapkan keperluan perbekalan makanan dan minuman serta alat ibadah

Untuk mengantisipasi perjalanan mudik yang panjang, siapkan makanan dan minuman secukupnya bagi sekeluarga. Bawalah makanan dan minuman yang tahan lama dan mudah dibawa, seperti roti, biskuit, buah-buahan dan air minum.

Selain itu, agar ibadah shalat bisa tepat dilakukan dengan optimal selama perjalanan mudik, pastikan pula membawa alat ibadah yang mudah untuk disimpan dalam mobil atau tas.

Mudik atau pulang kampung adalah tradisi turun-temurun yang dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia setiap Lebaran. Tidak hanya sebagai ajang silaturahmi dan berkumpul dengan keluarga, momen mudik juga dijadikan kesempatan untuk rehat sejenak dari rutinitas dan kesibukan sehari-hari.

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) pun mengungkapkan bahwa jumlah pemudik Lebaran di tahun 2024 diprediksi menjadi yang terbesar sepanjang sejarah. Sebanyak 193,6 juta orang diprediksi akan mudik tahun ini, nilai tersebut setara dengan 71,7 persen rakyat Indonesia.

Baca juga: MPV bekas masih jadi buruan konsumen jelang mudik Lebaran

Baca juga: PLN siagakan 1.124 SPKLU selama masa mudik Lebaran 2024

Baca juga: Dishub DKI buka lagi pendaftaran mudik gratis dengan kuota 1.240 orang

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024